DropBox, Penyimpanan File Online

Memang tidak enak rasanya kalau kehilangan file yang sangat penting bagi kita, misalnya foto keluarga, foto kenangan dengan teman teman, dokumen kerja, dokumen proyek dan masih banyak file file penting lainya di karenakan musibah, ataupun keteledoran kita.

Seperti yang saya alami tadi pagi, gara gara komputer agak lemot, saya mencoba restore sistem komputer saya “Linux Mint” ke tanggal sebelumnya dengan harapan bisa lebih _Enteng _performa komputer saya. dan saat itu juga saya kehilangan project yang sedang saya garap, haduh.. rasanya nyesel banget “Kenapa Saya Ceroboh banget sih..”. Itu disebabkan karena folder project saya terletak di /home/showcheap, sedangkan sistem backup akan mengembalikan seluruh isi folder tersebut sesuai tanggal kita backup. akhirnya project saya yang udah relakan waktu tidur saya untuk _ngotak - atik_Nya lenyap sudah.. (Sebenere ndak lenyap sih, cuman editannya balik seperti awal yaitu tanggal 19 ). jadi harus hampir mengulangi dari awal.. ckckck.

Saya mencoba belajar dari pengalaman, Saya harus rajin rajin Backup Project saya..

tapi di backup ke mana?? Flashdisk - Bisa aja kehapus virus pas di colokin ke kmputer orang..,, atau di Hardisk aja?? - Nanti Lupa malah keformat.. mmmm.. kalo di CD-ROM?? - nanti ndak uptodate projectnya.. tiap ada perubahan harus burning CD.. kan Perot Repot..

Akirnya saya inget ada Layanan Online Storage yang dulu pernah pake waktu masih di tempat kerja yang dulu. Namanya DropBox…

Dengan Aplikasi ini kita bisa sinkronasi folder kita yang ada di komputer kita dengan DropBox dan tidak perlu upload satu persatu..

Cukup dengan install aplikasinya (MultiPlatfrom loh) Silahkan download:

Untuk Linux Macintosh (apple) Windows Untuk Gadget / Mobile Phone

Download DropBoxNanti akan ada folder dari hasil installasi dropbox yang akan di sinkronisasi dengan server dropbox. menggunakanya cukup copy paste file penting kita ke dalam folder dropbox yang ada di komputer kita.

Oh ya, kita harus Daftar terlebih dahulu agar bisa menikmati layanan ini. dan juga nanti kita akan diberikan kapasitas 2GB secara cuma cuma alias gratis…