Belajar PHP Yukk !!

Kenalan dulu donk apa sih PHP itu?? kata orang kan Kalau tak kenal maka tak sayang. Ini sedikit kutipan dari wikipedia:

PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS. Pada awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs personal). PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web. > Selanjutnya Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI. Dengan perilisan kode sumber ini menjadi sumber terbuka, maka banyak pemrogram yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP. Saya Mulai menekuni belajar PHP tidak tahu awalnya mulai kapan, soalnya sejak suka blogging dan website, saya secara tidak sadar sudah berhubungan dengna script php. dan sekarang mulai serius belajar PHP.

Kenapa Memilih PHP??

Hal yang paling saya sukai dari php adalah merupakan bahasa pemrograman web base yang bisa di gunakan di semua sistem operasi.  dan bahasa pemrograman yang mudah di fahami dan  mungkin sudah familiar dengan bahasa pemrograma yang lain.

Apa yang harus kita siapkan untuk belajar PHP:

1.  Mental Pantang menyerah (Jika terjadi error) :D. 2.  Web Server Untuk Menjalankan PHP (Baik Lokal maupun Online) Saya sarankan memakai lokal dulu untuk belajar, silahkan baca panduanya untuk membuat web server di linux atau gunakan wamp jika menggunakan windows. 3. Beberapa tutorial / Buku untuk belajar 4. Logika Yang Kuat (dasar pemrograman dari logika). 5. Kesbaran.. :D

Yok Langsung di mulai saja belajar PHPnya.

Tata cara penulisan PHP:

terdapat beberapa cara penulisan php dalam script pemrogramanya. Pertama: [php]<? //di sini code php di jalankan ?>[/php] Kedua: [php]<?php //di sini code php di jalankan.. ?>[/php]

Secara garis besar itu adalah cara penulisan yang umum.

dan biasanya yang paling banyak di gunakan dan paling aman menggunakan cara kedua yaitu [php]<?php //di sini code php di jalankan.. ?>[/php]

Dasar Dasar PHP:

Untuk Mencetak atau menampilkan text di halaman menggunakan **echo **atau print. [php] <?php echo “Test Echooooo”; ?> [/php] untuk penggunaan print sama seperti penggunaan echo.

Perlu di ingat: dalam pemrograman php harus di akhiri tanda “;” (semicolon) pada akhiran line perintah yang kita tuliskan, yang menandakan bahwa syntax fungsi tersebut sudah berakhir pada line tertentu.

Dalam PHP juga terdapat fungsi comment yang di gunakan para developer untuk meemberi penjelasan dan menandai suatu code. biasanya untuk mempermudah dalam pencarian kesalahan dan mempermudah dalam pencarian kode saat debugging. dan fungsi ini tidak akan tampil di browser ketika di eksekusi. hanya developer  saja yang bisa membaca script tersebut (hidden). contoh:

[php] <?php //ini adalah text comment yang tidak muncul echo “Test Echooooo”; ?> [/php]

Selanjutnya kita akan kenalan yang namanya variabel, variabel akan sangat penting sekali dalam pemrograman. semoga bisa memahami dengan membaca script berikut ini:

[php] <?php //nama variabel terserah kamu, $nama_variabel=“isi Variabel”; echo $nama_variabel; ?> [/php] script di atas akan memunculkan **isi Variabel **di browser ketika di eksekusi. dan bisa juga untuk perhitungan matematika, contoh:

[php] <?php $a=1; $b=2; $c=$a+$b; echo $c; ?> [/php]

hayoo, coba tebak. apa yang akan tampil di browser?? yap, yang tampil di browser adalah hasil penjumlahan variabel a dan b yang di simpan di variabel c. dan di tampilkan dengan fungsi echo. dan ini merupakan operator dalam php yang dapat di gunakan:

kalau masih semangat kita lanjut, kalau sudah pusing mending istirahat dulu deh.. hehe :D

Selanjutnya kita akan bahas fungsi if() kalau di bahasaindonesiakan yaitu jika. seperti logika matematika yang menggunakan fungsi ini (teringat mata pelajaran mtk waktu smk :D)

penulisanya sebagai berikut:

[php] if (kondisi) kode yang di eksekusi jika nilai benar; [/php] contoh: Kalu di bahasamanusiakan jadinya sperti ii

Jika(kondisi{benar/salah}) jika benar maka akan menjalankan kode di sini Contoh simple: [php] if (1<5) echo “Nilai Benar”; [/php] Next, masih ada hubunganya dengan if. yaitu if else,, lihat script berikut ini: [php] if (1<5) { echo “Nilai Benar”; }else{ echo “Nilai salah”; }; [/php] Else di gunakan jika pengujian kondisi bernilai salah. Lalu ada lagi fungsi if elseif else. [php] if (1<5) { echo “Nilai Benar”; }elseif(2<5){ echo “Nilai Benar”; }else{ echo “Nilai salah”; }; [/php] Di gunakan untuk pengujian terhadap kondisi yang berbeda.

Sementara sampai sini dulu yak.. Di lanjutkan di kesempatan selanjutnya okeee..

Salam Coding :D :P