Membuat Subdomain Dengan Hosting Berbeda

Bagaimana ya caranya membuat subdomain tapi hostingnya berbeda dengan hosting domain utama??”

Itulah pertanyaan yang pernah terlintas di fikiran saya dulu waktu masih marak maraknya membuat web dengan domain dan hosting gratisan. Survey sana sini untuk mencari hostingan yang gratis tapi powerfull (Permintaanya macem macem ;)) ) . Jadi begini, sebagai contoh untuk lebih mudah memperjelas pertanyaan di atas:

Saya Punya domain dan hosting berbayar, karena alasan tidak mampu membayar hosting dengan kapasitas yang Guede.. jadi terpaksa membeli paket hosting yang kecil kecilan dulu, yang penting bisa buat naruh scriptnya wordpress (CMS) =)). Karena alasan yang tadi (Gak Bisa beli hosting dengan kapasitas gede), maka saya mencari cara untuk membelokkan suatu subdomain agar dia tidak ikut nebeng dengan hosting utama (yang berbayar dengan kapasitas kecil tadi). setelah sempat berfikir bahwa cara itu mustahil di lakukan, akhirnya saya menmukan bohlam menala di dekat kepala saya ;)), heehe..

Ternyata simple sekali sobat, yakni dengan menggunakan A Record yang ada di DNS Editor di hosting kita. Selanjutnya Biar gambar yang menjelaskan cara melakukanya. :D

Klik Tambah Domain

Sebagai contoh, saya menggunakan hosting gratis milik [idhostinger](http://api.idhostinger.com/redir/62562) yang lagi hot di bicarakan, kalau belum punya akun id hostinger, silahkan daftar di [www.idhostinger.com](http://api.idhostinger.com/redir/62562) terlebih dahulu.

Masuk Kontrol panel (Hosting target untuk subdomain) kemudian klik Tambah Domain.

Isi nama subdomain

sebagai contoh di sini saya membuat subdomain dari blog saya dengan alamat subdomain http://dev.sucipto.net, isikan seperti gambar di atas, dan di sesuaikan dengan nama domain masing masing ya. :D. Jika sudah, masuk ke kontrol panel akun yang barusaja kita buat tadi (dev.sucipto.net)

Pindah

Kemudian Klik menu Detail pada akun tersebut,

Klik Detail

Kemudian Catat baik baik alamat ip dengan keterangan_ : “Anda juga dapat mempoinkan domain Anda (“A” DNS record) ke IP ini”_

Catat

Sebagai contoh akun saya seperti di atas. yaitu menggunakan IP 31.170.164.145 nah, ip ini nantinya yang akan kita gunakan untuk mengarahkan subdomainya ke hosting ini.

Oke Selanjutnya Kita beralih ke hosting utama (domain www.sucipto.net ), kali ini saya menggunakan Cpanel, masuk Cpanel dan cari menu berikut ini.

Cpanel

Klik Menu Simple DNS Zone Editor.

Tambah Subdomain

 

Name di sesuaikan dengan nama yang kita tambahkan di hosting yang kedua tadi, masih ingat kan, tadi kita menggunakan alamat dev.sucipto.net.
Sedangkan Address di isi dengan alamat rumah ip yang tadi saya suruh catat. dan kemudian tuliskan alamat IP dengan benar di kolom address. sipp, klik Add a Record.

Jika sudah akan muncul di bawah, alamat yang tadi kita tambahkan.

Finish

Biasanya pembuatan alamat ini bermacam macam waktunya, tergantung dari hosting yang anda gunakan, terkadang 5 menit langsung dapat di gunakan, ada yang nunggu 1 hari baru bisa. bahkan saya sendiri menunggu 24 jam baru bisa di gunakan. =)) moga moga aja anda beruntung dan dapat langsung di gunakan. :D :P

Setelah semuanya beres, coba buka alamat yang baru kita tambahkan tadi buka di http://dev.sucipto.net kalau sudah muncul halaman default. berati penambahan subdomain sudah SUKSES jaya.. ^:)^ =D> ^:)^ =D> ^:)^ =D> <:-P<:-P<:-P

Salam Hosting ;))