Cara Mount File iso di linux

Mungkin bagi yang sudah terbiasa di windows pasti sudah mengenal yang namanya virtual drive buat yang sering bermain / bekerja dengan file iso. file iso yang berupa image dari kepingan CD-ROM yang biasanya berisi game ataupun software bajakan yang sering kita download dari internet ataupun sekadar backup dari CD master yang kita punya. virtual drive berfungsi untuk membuka file iso seolah olah kita memasukkan CD-ROM ke CD-Drive di komputer kita. jadi file iso seolah olah adalah CD-ROM dalam bentuk file.

Kalau anda pengguna OS Windows, maka anda dapat menggunakan aplikasi nero imagedrive, magic iso, Daemon tools, dll. ya tentunya harus download aplikasi tersebut terlebih dahulu. oke, kali ini saya tidak membahas windows.

Kalau di linux sudah tersedia command untuk menjadikan file iso mencadi CD-Drive virtual. yaitu menggunakan perintah mount, dan cara menggunakanya adalah sebagai berikut.

[c]#mount -o loop file_iso_kamu.iso /mnt/cdrom0[/c] dengan catatan harus sebagi super user (di tandai dengan #)

penggunaan perintah tersebut akan menjalankan me-mount file iso ke direktori mount anda.

ket: file_iso_kamu.iso dapat di isi dengan full path contoh: /home/showcheap/Desktop/ubuntu.iso /mnt/cdrom0 dapat di ganti dengan direktori lain contoh: /media/CDrom

kalau masih bingung dapat lihat tutorial berikut, (kalau tidak muncul silahkan klik di SINI )

Cukup mudah bukan, tidak perlu tool tambahan, Let’s Go Open Source and Legal Software :D