Aplikasi PSB (Penerimaan Siswa Baru) Web Based dengan PHP

Sebenernya dari dulu sudah mau share project saya yang satu ini. tapi berhubung kendala banyak kerjaan dan lupa makanya jadi molor haahha. Aplikasi ini sangat sederhana sekali, yang saya buat ketika pertamakali belajar PHP. jadi maklum lah kalau masih banyak bug  atau error pada program ini.

Aplikasi ini berfungsi sebagai formulir online yang dapat di isi oleh siswa yang nanti datanya langsung terekam dan dapat langsung di lihat oleh panitia. sebenarnya ada beberapa fungsi lainya tapi saya lupa karena sudah lama tidak membuka project ini.  dan sebenarnya project ini belum selesai total. karena masih ada beberapa fungsi yang belum saya selesaikan. karena sudah agak males nerusin karena nemu project baru yang deadline yaitu Libska yang di kejar kejar audit. ;)). lebih baik project ini saya share, untung untung ada yang mau ngembangin lagi dan ada yang mau ngasih donasi. dan juga banyak yang nyasar ke blog ini dengan keyword “aplikasi PSB online” ;)) makanya saya share aja di sini secara gratis tis tisss =)).

Penggunaanya:

  1. Download projectnya di url ini: https://suciptoblog.files.wordpress.com/2012/06/psb-online-sucipto-net-zip.odt 
  2. Setelah download selesai, rename file tersebut. ubah file ekstensionya menjadi zip. (psb-online-sucipto-net-zip.odt rename menjadi psb-online-sucipto-net.zip)
  3. Buka file zip tersebut, kemudian ekstrak ke direktori localhost anda (/var/www atau C:\xampp\htdocs atau C:\wamp\www) tergantung milik masing masing.
  4. kemudian masuk phpmyadmin, buat database baru dengan nama **psb **kemudian import file psb.sql yang sudah ada di file zip tadi.
  5. kemudian edit file **include.php **kemudian sesuaikan dengan pengaturan di komputer anda:
  1. Kemudian buka http://localhost/psb dan tampilan seperti screenshot akan muncul di browser anda.
  2. Untuk masuk panel panitia tinggal masuk http://localhost/psb/panitia dan username & passwordnya adalah **admin **.  

  Berikut penampakanya:

Program PSB Online gratis Program PSB Online

Gambar tersebut adalah screenshot tampilan depan dari aplikasi ini.

Program PSB Online Gratis Program PSB Online

Dan ini tampilan tampak dari panel Panitia.

 

Sekian dari saya, semoga bermanfaat dan menjadi barokah. :)