Cara Membuat Email dengan GMail

Oke sobat semua, saatnya kita bagi bagi tutorial nih.. kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat Email di Gmail. mungkin sudah banyak yang bisa membuat email, tapi mungkin juga masih banyak yang masih belum bisa, inget.. belum bisa lho ya. bukanya nggak bisa. kalau belum bisa pasti kan suatu saat pasti bisa. oke deh.. daripada bicara ngelantur kagak karuan mending di mulai aja.

Kenapa GMail? yups.. pertanyaan bagus sodara sodara.. kenapa harus gmail? jika anda mengajukan pertanyaan tersebut maka akan sedikit saya jelaskan seabrek manfaat dari akun GMail. Yang pertama GMail kan milik google, jadi dengan mendaftar email dengan GMail kita bisa mengakses fitur fitur google yang memerlukan akun untuk mengaksesnya contohnya Google Drive (Dulunya Google Doc), Picasa web, Google Market (Sekarang Play Store), blogger dan lain sebagainya (Selengkapnya lihat di sini).

Oke deh, langsung saja kita mulai dari step pertama, mari kita kunjungi alamat GMail yaitu http://www.gmail.com kemudian cari tombol seperti di bawah ini [CREATE AN ACCOUNT].

Gmail 1

Selanjutnya kita akan di bawa menuju formulir pendaftaran untuk mengisi dengan identitas kita antara lain seperti gambar berikut.

Formulir GMail

Disini kita harus mengisikan dengan nama (usahakan nama asli dan semua kolom di isi dengan identitas asli), alamat email yang akan kita buat, password (di isikan 2x), Tangal lahir, Gender / Jenis Kelamin, nomor HP dan Email yang sudah anda punyai (Kalau Belum Punya nggak usah di isi).

Formulir 2

Dan jangan lupa mengisikan Captcha dengan teliti, harap di lihat dan di baca dengan benar dan tuliskan kembali di kolom bawahnya, emang agak susah membaca tulisan yang mleyot mleyot kayak gitu. haha ;)).. Location nggak usah di ubah kalau sudah bener. dan yang terpenting klik contreng pada pilihan “I agree the Google Terms of Service and Privacy policy” selanjutnya klik Next Step.

Jika tidak terjadi kesalahan maka akan di tampilkan halaman seperti berikut.

Horee

NB: Biasanya kesalahan sering terjadi pada kolom alamat email yang akan kita buat, karena harus mengandung unsur nama kita. misalkan nama saya SUCIPTO dan di kolom alamat email saya isikan [email protected] maka biasanya akan terjadi kesalahan dan di suruh memilih alamat yang lain.

Step di atas kita klik Next Step aja, kecuali kalau kamu langsung mau narsis dan menambahkan foto profil ;)). setelah itu kita akan di sambut oleh google seperti gambar di bawah ini.

Welcome

Klik saja “Continue to Gmail” dan kita akan di bawa ke halaman email kita.

Loading

Jika ada tawaran seperti ini kita klik “No Thanks” saja, kecuali anda tau apa yang anda lakukan.

Tawaran

Oke deh, Selamat.. anda sudah bisa membuat Email menggunakan GMail.

Gmail

di Gmail Biasanya langsung ada Inbox dari Gmail Team, abaikan atau hapus saja kalu tidak berkenan. ;))