Cara Menghemat Baterai Android dengan Go Power Master

Pengguna android yang sering online atau bahkan yang membiarkan Gadget/smartphonya selalu online pasti banyak yang mengeluh dengan daya tahan baterai android yang boros alias cepat habis dan harus sering mengisi baterai / charging baterai. hal ini di sebabkan oleh koneksi internet yang membutuhkan daya baterai yang besar.

Namun hal ini bisa sedikit di atasi dengan bantuan aplikasi penghemat baterai, sebenarnya ada banyak aplikasi penghemat baterai yang dapat di download di Market / Play Store. akan tetapi kali ini saya akan membahas satu aplikasi yang lumayan keren dalam penghematan batearai android kita.

Go Power Master Go Power Master

Nama Aplikasinya adalah Go Power Master, aplikasi ini adalah salah satu aplikasi yang sangat populer di kalangan pengguna android karena aplikasi ini memiliki banyak fitur dalam penghematan baterai kita.

Mari kita jelajahi fitur fitur yang ada di Go Power Master dan cara menghemat baterai android dengan Go Power Master.

GO Power Master GO Power Master

Gambar di atas adalah tampilan utama go power master jika kita membuka aplikasi tersebut.

Terdapat indikator keadaan baterai yakni dengan tombol bulat besar berwarna hijau dan di tengahnya terdapat prosentase batearai yang sedang di gunakan. dan di bawahnya terdapat 4 indikator estimasi daya tahan baterai, contohnya jika kita gunakan gadget kita untuk mendengarkan musik maka kemungkinan batereai akan mampu bertahan selama 52 jam 13 menit sesuai yang tertera pada gambar atau icon audio. tapi 4 indikator ini sepertinya tidak akurat di gadget saya, mungkin lebih akurat di gadget high-end yang memiliki sensor yang peka :). Kemudian terdapat 2 tombol optimize dan tombol memilih mode penghematan. optimize berfungsi untuk mengoptimasi keadaan handphone ke kondisi yang lebih ringan dengan menutup aplikasi yang sudah tidak di gunakan yang berjalan di background.

Go Power Master Go Power Master

sedangkan tombol yang satunya di gunakan untuk memilih mode penghematan yang kita dapat menambahkan mode sesuai keinginan kita.

Go Power Master Go Power Master

Pada tab di atas terdapat 4 menu yaitu Battery, Mode, Smart dan Consumption.

pada tab battery adalah tampilan awal seperti gambar diatas. sedangkan tab mode di gunakan untuk mengubah profil mode atau kita bisa membuat mode kita sendiri di menu ini.

Go Power Master Go Power Master

Selanjutnya tab smart, di sini kita bisa mengatur penghematan berdasarkan keadaan batereai. untuk menyalakan fungsi tersebut pastikan dalam keadaan on.

Go Power Master Go Power Master

*Switch mode by power : di gunakan untuk mengganti profil penghematan ke “Super Save” ketika keadaan baterai mencapai persentase tertentu kali ini saya mensetting pada keadaan 5% mode akan berubah menjadi “Super Save”. (saya mematikan fitur ini / off)

*Switch mode by time: Untuk mengganti mode berdasarkan jam tertentu, misalkan pada jam 22:00 mode berubah menjadi “alarm mode” secara otomatis. (saya mematikan fitur ini / off) *Wi-Fi Smart Control: Mematikan wi-fi saat layar HP / HH sedang tidak menyala atau hp sedang tidak kita gunakan. *Mobile data Control: Mematikan penggunaan data (3G,EDGE,GPRS,EVDO,1X) saat layar mati atau kita sedang tidak menggunakan HP. sebaiknya ini di nyalakan karena Mobile Data adalah salah satu pengkonsumsi daya baterai paling banyak. (saya menyalakan fitur ini / on) *Sync Smart Control: fitur ini hanya untuk versi yang berbayar saja.

Dan tab terakhir adalah tab Consumption, pada tab ini kita dapat melihat aplikasi dan hardware apa saja yang paling banyak memakan daya baterai, kita tinggal menyentuh pada “Apps/Hardware” untuk melihat.

Go Power Master Go Power Master

Go Power Master Go Power Master

Dalam aplikasi ini juga terdapat cahrging indicator atau pemantau saat kite mengisi baterai. terdapat waktu yang di butuhkan dalam pengeisian baterai dan juga persentase daya baterai.

Go Power Master Go Power Master

Aplikasi ini juga muncul pada notification area di android, jadi ktia bisa mengetahui keadaan baterai di notification area.

Go Power Master Go Power Master

Dan juga terdapat widget yang bisa kita pasang di desktop gadget kita.

Go Power Master Go Power Master

Sekian tutorial android dari saya, semoga bermanfaat buat Droiders semua.. :D