Cara install aplikasi android secara offline (file apk)

Di android kita pasti sudah mengenal yang namanya Android Market atau yang sekarang berubah menjadi Play Store. dengan layanan tersebut kita bisa menginstall aplikasi secara gratis maupun yang berbayar. kelemahan Android Market/Play Store adalah kita harus download aplikasinya terlebih dahulu. nah bagaimana kalau kita sudah punya aplikasi android yang berformat apk dan kita ingin menginstallnya di hp kita?. nah berikut akan saya jelaskan Bagaimana Cara Install Aplikasi / Game Android Non Market.

Sebenarnya sistem android juga bisa menginstall aplikasi android tanpa harus download di Market / Play store. jika kita sudah punya file aplikasi android yang berformat apk yang mungkin kita dapat dari download melalui komputer ataupun hasil kiriman bluetoth dari teman kita bisa menginstall secara manual.

Berbeda dengan Smartphone Blackberry, kata teman saya yang sudah menggunakan blackberry bawha blackberry tidak bisa menginstall aplikasi manual/offline, jadi harus download langsung dari app world. tapi tak tau sih bener atau kagak, soalnya saya tidak punya HH Blackberry ;)).

Caranya adalah sebagai berikut buka file manager, dan buka file yang di maksud (format apk) contoh: com.nama.aplikasi.apk. jika muncul pesan seperti ini “Install blocked” :

Install Aplikasi Android Install Aplikasi Android

berarti kita belum mengizinkan / mengatur agar bisa di install aplikasi non market. untuk mengizinkan kita harus masuk setting kemudian pilih security.

Install Aplikasi android Install Aplikasi android

Kemudian cari “Unknown source” dan berikan tanda “check” atau “centang” maka akan ada peringatan seperti berikut :

Install Aplikasi androidSetelah selesai kemudian buka kembali file apk yang mau di install tadi. maka akan muncul tampilan seperti berikut:

Install Aplikasi AndroidPilih install maka aplikasi akan mulai di install di hp/gadget kamu.

Install Aplikasi androidSetelah selesai akan muncul tampilan seperti berikut:

Aplikasi AndroidKlik done jika ingin menutupnya atau klik open untuk membuka aplikasi yang baru kita install tersebut.