Cara Menggunakan DropBox di Android

Saat ini memang lagi ngetren sistem _"__Cloud Storage" , _apa itu? kalau di artikan “Penyimpanan Awan” lah, mana mungkin kita bisa menyimpan di awan ;). nggak segitunya kali, ini cuma istilah saja, dengan sistem cloud kita bisa menyimpan di server yang ada di internet sono, jadi kita bisa menggambil / menggunakan, menambah maupun mengubah file yang kita miliki dimanapun kita berada. seperti filosofi awan yang selalu berada diatas dan selalu sama  sekalipun kita berbeda tempat. agak susah sih penjelasanya, tapi saya rasa anda sudah faham akan maksud saya, untuk memperjelas silahkan lihat gambar berikut agar anda semakin faham apa itu Sistem Cloud.

Cloud Storage System Cloud Storage System

Dan Juga Gambar Berikut (DropBox) 

Cloud DropBox Cloud DropBox

Nah, untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tingkat mobilitasnya sangat tinggi maka banyak bermunculan penyedia layanan sistem penyimpanan cloud. Salah satunya adalah DropBox, layanan dropbox sebenarnya sudah lama beroperasi tapi dengan adanya trend gadget / smartphone DropBox kian di gandrungi para pemilik Smartphone / Gadget. Salah satu keunggulan DropBox dapat kita sinkronasikan dengan banyak perangkat berbeda jenis, dimanapun dan kapanpun, seperti Komputer dengan sistem operasi Windows, Linux, maupun Mac (Apple) serta tidak ketinggalan juga tersedia dalam perangkat smartphone seperti Android, iPhone, dan BlackBerry.

Tapi Kali ini saya hanya akan membahas untuk penggunaan pada sistem operasi Android saja, sebenarnya kemarin juga sudah pernah membahas tentang dropbox di postingan sebelumnya dapat anda baca  DropBox, Penyimpanan File Online.

Installasi


Oke Langsung saja, Cara Installasi dropbox cukup mudah, penggunaan pertamakali silahkan anda install aplikasinya di Google Play Store : Di Sini. Setelah selesai silahkan buka aplikasi DropBox di android kamu. maka akan di sambut dengan tampilan seperti gambar di bawah ini:

Klik Start saja, maka kita akan di tanya apakah sudah punya akun DropBox apa belum, kalau sudah pilih yang atas “I’m Already a DropBox User” dan masukkan email dan password kamu sebagai akun dropbox. kalau belum? tenang saja, saya akan memandu anda untuk daftar dropbox melalui handphone android / smartphone lainya.

Login DropBox Login DropBox

Login Dropbox Login Dropbox, Kalau sudah daftar sebelumnya

Cara Daftar Dropbox


Mendaftar dropbox melalui handphone / smartphone sangatlah mudah, kita cukup memasukkan alamat email dan password baru untuk mendaftar di dropbox seperti gambar berikut.

Mendaftar Dropbox Mendaftar Dropbox

setelah yakin data yang anda benar tekan tombol “Register for Dropbox” maka anda akan di tanya seperti berikut

Daftar Dropbox Daftar Dropbox

Klik “I Agree” Untuk melanjutkan dan view terms untuk melihat ketentuan penggunaan dropbox. Untuk mendapatkan bonus penyimpanan 500Mb silahkan ikuti langkah berikut

Dropbox Klik Next Untuk Melanjutkan

Dropbox Dropbox

Nah, untuk mendapatkan gratis 500MB silahkan klik turn on, tapi jika tidak silahkan klik skip saja. oke, dropbox sudah siap kita gunakan

Dropbox Dropbox

Kita bisa menyimpan file kita ke server dropbox / upload dan juga bisa mengambil file yang telah kita simpan dari server dropbox / Download melalui perangkat yang sudah kita Link-kan dengan akun dropbox kita.

Dropbox Dropbox

 

Cara Upload dan Download di Dropbox


Cara upload juga tidak terlalu sulit kok, pasti anda bisa melakukanya sendiri tanpa bantuan saya, tapi sekalian deh, nanggung kalau nggak di sertakan sekalian. pada icon dropbox terdapat 3 icon menu, nah pilih yang tengah atau gambar folder yang ada anak panah ke atasnya.

Upload Dropbox Upload Dropbox

Nah, silahkan pilih file yang mau di upload, jenis foto / video silahkan tekan “Photos or Videos” atau jenis file lainya silahkan pilih “Other files” dan kemudian pilih file yang di maksud.

Dropbox Upload ke Dropbox

Kemudian klik “Upload”, setelah proses selesai file anda sudah berada di awan (bukan awan yang sebenarnya lho ;)) ) atau di servernya dropbox. kalau untuk download seperti kita membuka file manager dan tinggal klik saja, maka file yang anda maksud akan terdownload otomatis dan langsung dapat di buka.

Cukup mudah bukan, sebenarnya langkahnya sedikit, tapi mungkin karena penjelasan saya yang agak mbriwet / acakadut tulisanya jadi panjang kayak kereta Madiun Jaya, ahhaha. ya sudah deh, saya mau pulang dulu, udah malem nih dari tadi pagi belum pulang wkwkkw.