Fungsi dan cara membuat bookmark di browser

Pada saat kita berselancar atau berinternet ria, sering kita menemui artikel, gambar, tutorial, blog atau situs yang menarik. tapi sayangnya kita terkadang lupa mencatat atau mengingat ingat alamat artikel atau blog yang kita maksud. walaupun di browser kesayangan kita terdapat fitur _history _yang memungkinkan kita melihat alamat apa saja yang pernah kita kunjungi, tapi bagaimaimana kalau sudah berbulan bulan, bahkan bertahun tahun, kita akan kerepotan tentunya untuk mencari cari alamat faforit yang pernah kita kunjungi tersebut.

Pada setiap browser rata rata sudah terdapat fitur** bookmark **yaitu fitur yang memungkinkan kita menyimpan link / alamat suatu artikel, tutorial, blog atau website di browser kita. tapi kebanyakan orang masih ada yang belum tahu manfaat **bookmark **pada browser. seperti kemarin teman kerja saya yang baru tau kalau ada fitur bookmark pada browser, padahal dia tiap hari kerja di depan komputer dan sering browsing juga ;)).

**BookMark **berasal dari kata book yang berarti buku dan mark berarti tanda, jadi kalau di rangkai artinya adalah buku tanda, ealah.. nggak ding, cuma bercanda ;)) . bookmark itu berarti **buku penanda **kalau di bahasaindonesiakan. tau sendiri kan buku fungsinya buat apa? ya buat nyatet nyatet hal hal penting sampai yang nggak penting. bookmark fungsinya hampir sama kayak buku, yaitu untuk menyimpan link link bermanfaat sampai link link yang tidak jelas =)) hehe.

Pada penjelasan kali ini saya akan menjelaskan cara menyimpan link / alamat website ke bookmark browser kesayangan kita, bisa menggunakan firefox ataupun chrome. mari kita simak ;))

Cara Menyimpan Bookmark Google Chrome


Silahkan buka situs yang ingin kamu bookmark, misalnya www.sucipto.net atau situs lainya yang kamu anggap penting atau bermanfaat. untuk cara menyimpanya ada beberapa cara di chrome yaitu dengan menekan tombol bintang yang berada di kanan addressbar (lihat gambar).

Bookmark Chrome

Nanti akan muncul popup, dan pilih saja tombol Done, kalau sudah berarti anda berhasil menyimpan bookmark, selamat yah ;)). untuk cara yang kedua ini biasanya bisa di lakukan semua browser, karena ini adalah sortcut standart yaitu menggunakan tombol **Ctrl + D **atau menekan tomol Ctrl lalu menekan tombol D secara bersamaan. maka akan muncul dialog seperti saat kita menekan tombol bintang (lihat cara pertama). nah kalau kita ingin membuka bookmark yang pernah kita simpan, silahkan tekan sortcut keyboard yaitu **Shift + Ctrl + O **atau klik tombol setting di pojok kanan atas >> Bookmarks >> **Bookmark Manager. **maka akan muncul tampilan seperti berikut

Bookmark Manager Bookmark Manager

Kamu juga bisa mengelompokkan bookmark kamu dalam suatu folder, seperti punya saya di atas, beberapa saya buatkan folder supaya lebih rapi.

Cara Menyimpan Bookmark Mozilla Firefox


Cara menyimpan bookmark pada firefox tidak jauh beda dengan browser google chrome, yaitu cukup mengklik tanda bintang pada kanan addressbar browser kamu, atau menggunakan sortcut **Ctrl + D **dan juga bisa menggunakan klik kanan pada halaman yang sedang kamu kunjungi, dan pilih “Bookmark this page”.

Sedangkan untuk membuka hasil simpanan bookmark kita dapat langsung menggunakan sortcut keyboard **Ctrl + B **maka akan muncul di sebelah kiri browser kamu seperti berikut

Bookmark Firefox Bookmark Firefox

atau kamu juga bisa mengaksesnya melalui menu di firefox, pilih Bookmark >> Show All Bookmark.

Cukup mudah kan cara menyimpan bookmark di browser, jadi mulai sekarang simpanlah alamat alamat penting seperti tutorial, puisi, lirik lagu, soal soal untuk belajar, dan lain lain. agar tidak usah searching lagi nanti pas mau di butuhkan.