Cara Install Google Now di Android Ice Cream Sandwich (ICS 4.0)

Semenjak kemunculan SIRI milik iPhone di jagat Gadget, pihak platform berusaha berlomba lomba melengkapi fitur software ataupun gadget besutanya dengan fitur seperti SIRI. Siri sendiri pertama diperkenalkan oleh apple pada produk iPhonenya, semenjak itu pula muncul beberapa aplikasi android yang menawarkan fitur seperti Siri, salah satunya adalah .Iris yang kebetulan saya posting di kesempatan yang lalu dan Juga S-Voice Keluaran Samsung. Oh ya, kalau belum tahu apa sih fitur Siri itu? menurut pemahaman saya Siri itu adalah perangkat lunak yang menerjemahkan suara menjadi sebuah perintah tertentu di Gadget kita, atau sering di sebut dengan Voice Command.

Semenjak saat itu pula, pihak Google tidak mau kalah, mereka juga menambahkan fitur seperti di atas pada Operating System Android yang terbaru dari Google, yaitu Android Jelly Bean 4.1. Fitur ini di sebut dengan Google Now, google now memiliki konsep mempermudah aktivitas sehari hari kita, seperti navigasi, cuaca, jadwal dan lain lain, tapi yang jelas bisa menggunakan Voice Command atau perintah suara.

Untuk lebih jelas tentang Google Now silahkan lihat video berikut ini

Memang Fitur Google Now adalah bawaan dari OS Android Jelly Bean 4.1 tapi kita juga bisa menginstallnya di android versi sebelumnya yaitu Ice Cream Sandwich 4.0, kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara install Google Now di Ice Cream Sandwich atau ICS 4.0.

Install Google Now di ICS


Pertama, lakukan hal ini dalam keadaan sadar, kalau lagi ngantuk silahkan minum kopi atau tidur dulu, soalnya kali ini kita akan mencoba masuk ke sistem android, kalau tidak cocok dengan handphone anda, jangan salahkan saya. dan usahakan Backup ROM terlebih dahulu sebelum melakukan installasi Google Now di ICS.

**Syarat **

Download Google Now flashable zip: http://www.mediafire.com/?hsos53699wq2ttm (36.48MB)

Install

Letakkan file hasil download tadi ke SDcard, di taruh di luar saja, jangan di masukkan di folder apapun. restart handphone kamu dan masuk Recovery Mode (di handphone saya vol down+tombol power). kemudian pilih install zip from SDCard dan pilih File kita tadi, kalau masih bingung di recovery mode caranya hampir sama seperti ngeroot lewat CWM silahkan baca di sini atau Install Custom ROM silahkan baca di sini.

Setelah Selesai, silahkan restart handphone kamu dan lihat di menu aplikasi, akan ada aplikasi baru, yaitu google. kemudian silahkan tambahkan widget google search ke home screen kamu. untuk memulai fitur Google Now Voice Command silahkan klik icon Microphone di samping kanan widget search.

Selamat menikmati Pelayanan Google Now, Harap di ingat, bahwa aplikasi ini membutuhkan koneksi internet ya. jadi hanya bisa berfungsi kalau ada koneksi internet. berikut fitur fitur yang sudah saya coba di Google Now.

Wheater atau Cuaca Wheater atau Cuaca

Call Google Now Call Google Now

Google Now ini lebih peka dalam penerjemahan suara ke dalam perintah daripada aplikasi sebelumnya yang pernah saya coba yaitu IRIS. sebenarnya masih banyak perintah yang dapat kita gunakan di google now, juga mendukung bahasa indonesia untuk voice search.

tapi saya sarankan menggunakan bahasa inggris saja supaya lebih cepat dan lebih mudah di terjemahkan oleh aplikasi.

Beberapa Perintah Yang sudah saya coba