Cara Mempercepat Lock GPS di Android

GPS memang sangat berguna buat kita yang sering bepergian, apalagi kalau tempat yang kita tuju masih asing bagi kita. Dengan GPS kita bisa mendapatkan petunjuk arah serta lokasi dimana kita berada. dan dengan adanya perkembangan teknologi saat ini, gadget canggihpun sekarang semakin di perlengkap dengan fitur GPS. sebagai contoh adalah ponsel android yang kini rata rata sudah tertanam perangkat GPS di dalam Robot Pintar tersebut.

Sinyal GPS sebenarnya menggunakan gelombang yang di pancarkan beberapa Satelit yang mengorbit di luar angkasa yang mengelilingi bumi. nah pada dasarnya perangkat GPS harus menunggu beberapa sinyal satelit terpancar ke perangkat GPS kita, rata rata pengguna android banyak yang mengeluh kalau Locking atau penguncian sinyal satelit begitu lama, bahkan bisa memakan waktu lebih dari 5 menit.

Tapi jangan khawatir sobat, cuplis akan membantu kamu memecahkan masalah tersebut, dan trik ini sudah saya praktekkan di handphone android saya sendiri dan hasilnya lumayan cepat, tidak sampai 2 menit GPS sudah Lock dan dapat menunjukkan Lokasi secara akurat.

Oh ya, tutorial ini berlaku cuma buat pengguna android saja lho ya bagi pengguna GPS perangkat lain belum sempat nyoba :D.

Syaratnya android kamu sudah di root ya, kalau belum di root artikel berikut mungkin bisa membantu sobat buat ngeroot android kamu, baca di sini yah.

Kalau android kamu sudah di root, maka tinggal ikuti langkah langkah berikut saja, copy script berikut:

Buat file baru, bisa menggunakan laptop terlebih dahulu, di copy dan di paste di notepad kemudian simpan dengan nama file **gps.conf. **Kemudian copy ke android kamu, buka file manager yang bisa masuk ke direktori system contohnya **Root Explorer **atau **ES File Manager ** terserah atau menggunakan file manager lain.

Kemudian backup atau pindah ke sdcard file yang berada di _/system/etc/gps.conf _karena file ini akan kita ganti dengan yang baru. Lalu, pindahkan gps.conf yang baru kita buat tadi masukkan ke direktory yang sama file aslinya yaitu di folder _/system/etc. _lalu set permissionya menjadi **rw-r-r. **langkah terakhir adalah merestart android kamu. dan coba rasakan perbedaanya. di android saya sudah terbukti bisa ngelock dalam waktu 13 detik saja, berikut buktinya.