Cara Membuat Link / Anchor Text dengan HTML

Oke ndan, Kali ini saya akan membuat tutorial cara membuat Link menggunakan HTML, LINK yang berarti tautan adalah elemen html yang sering di gunakan di website / blog karena link ini berfungsi sebagai penghubung antara halaman satu dengan yang lain, maka dari itu link sering di simbolkan dengan rantai atau anchor (jangkar). Saya nulis artikel ini juga karena permintaan mbak pitaloka yang minta di ajari membuat link untuk tugas kuliahnya, oke sip lanjutt.

Oke langsung saja ya, membuat link sebenarnya mudah kita hanya menggunakan elemen html <a></a>, nah parameter utama yang paling penting adalah href="". href sendiri nantinya berisikan alamat url / link yang akan di tuju setelah link tersebut di klik, contoh ya.

<a href=“http://sucipto.net”>Blognya Mascip</a>

Link diatas ketika di klik akan menuju http://sucipto.net karena pada parameter href di isikan dengan alamat link tersebut, alamat link juga terdiri dari dua jenis, yaitu internal link dan external link, seperti contoh di atas adalah external link, biasanya di tandai dengan penulisan url secara penuh seperti contoh di atas saya tulis beserta informasi protokol http://. sedangkan internal link digunakan untuk menyambungkan antar halaman yang ada pada situs tersebut, contoh:

<a href=“about.html”>Tentang Saya</a>

Oke, parameter yang dapat digunakan antara lain title, title adalah informasi yang muncul ketika link yang kita buat di-hover atau di dekati oleh mouse. coba dekati tulisan ini, akan muncul tulisan keren. yah dilarang protes ya.

Oke mbak pitaloka, semoga berhasil dan saya nulisnya artikel ini nggak telat karena deadline tugasmu, hahaha.