Konfigurasi WIne Sebagai Default di Ubuntu 13

Sebenernya bingung juga mau ngasih judul bagaimana, tapi semoga penjelasan berikut dapan membuat pemirsa paham, :D. Jadi begini, saya kan install ubuntu 13.04 ceritanya, dan tidak lupa saya install wine supaya bisa membuka aplikasi windows, sebenernya saya install wine supaya bisa membuka Winbox, winbox itu yang buat nge-remote mikrotik itu lho, soalnya yang versi linux nggak ada.

Di ubuntu sebelumnya yang saya gunakan wine bisa di gunakan sebagai default program untuk menjalankan aplikasi berbasis windows atau yang berekstensi .exe. Tapi karena kemarin saya kepengen install ubuntu 13.04 dan akhirnya install wine juga, tapi sayang sekali aplikasi wine tidak di temukan pada pilihan default programnya :(.

Caranya begini, cari file exe sebagai contohnya. seperti yang saya bilang tadi saya ingin membuka winbox.exe. kemudian buka terminal dan arahkan ke direktori dimana winbox tersimpan.

Seperti contoh saya letakkan file winbox.exe di folder download, kemudian saya buka terminal dan masuk folder download, lalu ketikkan perintah berikut:

** mimeopen -d winbox.exe **

Maka akan muncul dialog seperti gambar berikut