Cara Bongkar (Decompile) aplikasi android

Ini lanjutan artikel saya yang kemarin, yaitu tentang aplikasi untuk membongkar aplikasi android beserta cara installnya agar kita bisa mengedit aplikasi android tersebut. setelah kemarin di jelaskan bagaimana kita menginstall dan penjelasan dasar tentang aplikasi APK Multi Tool. saat ini kita melangkah ke tahap selanjutnya yaitu bagaimana kita membongkar sebuah aplikasi android. biasanya yang sering kita bongkar file apk untuk mengubah tampilan android adalah SystemUI.apk karena file ini adalah aplikasi system yang berkaitan dengan statusbar atau notification area di android. memodifikasi tampilan android memang kebanyakan ada di file system ini, karena dengan mengedit file ini kita bisa mengubah tata letak, mengganti icon, seperti contoh statusbar andromax saya yang kemarin sering saya rubah rubah untuk eksperimen dan juga biar keren. eeehhee.

Sebelumnya kalian sudah tau apa belum, kalau sebenarnya file apk bisa di bongkar dengan aplikasi archive manager seperti winrar, winzip, 7zip atau aplikasi lainya. dan sebenarnya kalau sekadar mengganti icon dapat di lakukan dengan mengekstract file apk tersebut mereplace icon dengan yang baru kemudian di pack lagi (re-zip) dan ubah nama filenya menjadi apk. gampang bukan?? tapi kalau berurusan dengan tata letak kita harus mengedit file file xml di dalam file apk tersebut. kalau sekadar ekstrak dengan winrar dan kamu berusaha mengedit file xmlnya di jamin yang keluar tulisan yang kagak bisa di baca deh, ahaha. makanya kita harus menggunakan senjata atau tool khusus agar kita bisa membaca dan mengedit file xml yang berada di aplikasi android tersebut.

Oke langsung saja ya, saya asumsikan sobat sudah menginstall aplikasi apk multitoolnya ya. kalau belum silahkan di baca dulu tutorial saya yang sebelumnya. kalau sudah kita masuk langkah praktek dengan mengikuti langkah langkah berikut ini.