Cara Bongkar (Decompile) Aplikasi Android

Ini lanjutan artikel saya yang kemarin, yaitu tentang aplikasi untuk membongkar aplikasi android beserta cara installnya agar kita bisa mengedit aplikasi android tersebut. setelah kemarin di jelaskan bagaimana kita menginstall dan penjelasan dasar tentang aplikasi APK Multi Tool. saat ini kita melangkah ke tahap selanjutnya yaitu bagaimana kita membongkar sebuah aplikasi android. biasanya yang sering kita bongkar file apk untuk mengubah tampilan android adalah SystemUI.apk karena file ini adalah aplikasi system yang berkaitan dengan statusbar atau notification area di android. memodifikasi tampilan android memang kebanyakan ada di file system ini, karena dengan mengedit file ini kita bisa mengubah tata letak, mengganti icon, seperti contoh statusbar andromax saya yang kemarin sering saya rubah rubah untuk eksperimen dan juga biar keren. eeehhee.

Sebelumnya kalian sudah tau apa belum, kalau sebenarnya file apk bisa di bongkar dengan aplikasi archive manager seperti winrar, winzip, 7zip atau aplikasi lainya. dan sebenarnya kalau sekadar mengganti icon dapat di lakukan dengan mengekstract file apk tersebut mereplace icon dengan yang baru kemudian di pack lagi (re-zip) dan ubah nama filenya menjadi apk. gampang bukan?? tapi kalau berurusan dengan tata letak kita harus mengedit file file xml di dalam file apk tersebut. kalau sekadar ekstrak dengan winrar dan kamu berusaha mengedit file xmlnya di jamin yang keluar tulisan yang kagak bisa di baca deh, ahaha. makanya kita harus menggunakan senjata atau tool khusus agar kita bisa membaca dan mengedit file xml yang berada di aplikasi android tersebut.

Oke langsung saja ya, saya asumsikan sobat sudah menginstall aplikasi apk multitoolnya ya. kalau belum silahkan di baca dulu tutorial saya yang sebelumnya. kalau sudah kita masuk langkah praktek dengan mengikuti langkah langkah berikut ini.

  • Siapkan aplikasi yang akan kita modifikasi misalkan kita akan memodifikasi file SystemUI.apk maka kita harus mengcopy file tersebut yang berada di system android kita. kalau belum tahu letaknya, dia ada di direktory berikut _/system/app/SystemUI.apk _Kalau mau mengedit aplikasi lain bisa di cari sendiri hehehe.

  • Kalau sudah di copy ke komputer, silahkan buka folder kamu meletakkan aplikasi APK Multitoolnya, cari folder _place-apk-here-for-modding _lalu paste atau letakkan SystemUI.apk tadi di dalam folder tersebut. kalau belum ada folder dengan nama tersebut, silahkan di buat sendiri dengan nama yang persis yah.

    [![](https://3.bp.blogspot.com/-zlkXCLk6WoE/UHp50rWeTDI/AAAAAAAAAts/imwUSDgJE2I/s320/Untitled.png)](https://3.bp.blogspot.com/-zlkXCLk6WoE/UHp50rWeTDI/AAAAAAAAAts/imwUSDgJE2I/s1600/Untitled.png)
  • Kalau sudah, kembali ke folder utama aplikasi APK Multi Tool, kemudian buka file Script.bat nanti akan muncul banyak pilihanya.

    [![](https://1.bp.blogspot.com/-eWgP3x3ujMA/UHp7R1oOMxI/AAAAAAAAAt0/uln1kynfu60/s400/Untitled1.png)](https://1.bp.blogspot.com/-eWgP3x3ujMA/UHp7R1oOMxI/AAAAAAAAAt0/uln1kynfu60/s1600/Untitled1.png)
  • Pertama kita harus memilih project atau file yang kita maksud untuk di bongkar atau kita edit, caranya dengan memasukkan nomor 24. Set Current project kamu cukup memasukkan angka 24 kemudian tekan enter.

    [![](https://2.bp.blogspot.com/-01xkNWmPktM/UHp7rfWCFvI/AAAAAAAAAt8/oKfA4b2mBDI/s400/Untitled2.png)](https://2.bp.blogspot.com/-01xkNWmPktM/UHp7rfWCFvI/AAAAAAAAAt8/oKfA4b2mBDI/s1600/Untitled2.png)
  • seperti gambar di atas, kita akan di berikan daftar nama file yang berada di folder _place-apk-here-for-modding _, dan kita harus memilih salah satu dari file tersebut. sebagai contoh tadi kita akan membongkar file SystemUI.apk maka kita pilih atau masukkan nomor 6 kemudian tekan enter. di sesuaikan di tempat masing masing ya, nama filenya dan nomornya pasti berbeda.

  • Kalau sudah di tekan enter maka kita akan di tampilkan menu utama atau menu awal tadi, seolah olah tidak terjadi apa apa. nah kita akan membongkarnya jadi kita memilih menu nomor 9. Decompile Apk. 

    [![](https://4.bp.blogspot.com/-Vd9U5c65M50/UHp9QTIMEXI/AAAAAAAAAuE/rblGg0HWL7s/s400/Untitled3.png)](https://4.bp.blogspot.com/-Vd9U5c65M50/UHp9QTIMEXI/AAAAAAAAAuE/rblGg0HWL7s/s1600/Untitled3.png)
  • Nah, kalau tidak terjadi error atau kesalahan konfigurasi, berarti apk sudah berhasil di bongkar, kita bisa melihat hasil bongkaran file apk tersebut di dalam folder project yang berada di folder APK Multitool. di dalam folder project tersebut akan muncul folder sesuai dengan nama file yang kita bongkar tadi, seperti contoh seperti gambar di bawah ini, yaitu folder project kemudian SystemUI.apk

    [![](https://3.bp.blogspot.com/-Va5gmhVwOqI/UHp-NFuHXbI/AAAAAAAAAuM/Sc5iTjjSQro/s320/Untitled4.png)](https://3.bp.blogspot.com/-Va5gmhVwOqI/UHp-NFuHXbI/AAAAAAAAAuM/Sc5iTjjSQro/s1600/Untitled4.png)
    Sampai di sini kita sudah berhasil melakukan pembongkaran file apk, dan file xml yang berada di folder tersebut bisa kamu edit dengan menggunakan text editor kesayangan kamu, kalau kamu menggunakan windows, di sarankan menggunakan Notepad ++ dan kalau kamu menggunakan Linux, kamu bisa menggunakan Geany atau Gedit. sampai di sini dulu, tutorial selanjutnya adalah cara menjadikan hasil bongkaran kita kembali menjadi file apk dan juga cara mengedit tampilan android. di tunggu saja yah artikel selanjutnya.. :D