Ramadhan Tahun Ini

Tiga Tahun terakhir saya mendapatkan 3 suasana ramadhan yang berbeda beda, tidak hanya suasana ramadhan saja tapi juga bekerja di tempat yang berbeda. Tanpa saya sadari ternyata saya sudah ganti profesi selama 3 tahun ini setelah lulus sekolah SMK. Iya, saya memang langsung kerja setelah lulus kuliah. Kalaupun mau kuliah harus pikir pikir dulu, udah males mikir lagi, jangan sampai kuliah cuma untuk buang buang waktu, tenaga, dan uang. Apalagi jangan sampai deh kuliah hanya untuk mendapatkan gelar atau hanya untuk naik jabatan, di usahakan jangan yah, dan semoga saya tidak melakukanya,, aamiin..

Ramadhan tahun 2011 lalu saya coba coba kerja di tempat ibu kost saya yang dulu, soalnya kelamaan nganggur itu rasanya tidak enak. Akhirnya saya coba kerja di toko buku dan alat alat kantor, kebetulan saya di tempatkan di bagian yang jual alat alat komputer dan elektronik waktu itu. Suasana kerja agak kurang nyaman, jam kerjanya tidak memungkinkan untuk selalu hadir di baris depan shaf waktu sholat tarwih, bahkan untuk hadir saja sedikit kemungkinan. Jam kerja dari jam 8 pagi sampai 9 malam. Waktu itu saya memang tidak terlalu mempermasalahkan gaji (yang memang cuman dikit), yang penting cari pengalaman dulu yang banyak, cari relasi, cari temen. Kerja di sana terhitung hanya 3 bulan, beberapa minggu setelah lebaran saya keluar, nganggur di rumah lagi sebentar, cari kerja lagi.

Bulan oktober saya dapat kerjaan baru, kerja di sekolah saya, tempat dimana saya menuntut ilmu 3 tahun disana. Dan kini harus kembali lagi, menyumbangkan tenaga di sana, belajar lagi di sana. Ramadhan pada masa ini lumayan punya banyak waktu, punya waktu untuk ikutan tarwih. Kerja di sini gajina juga nggak terlalu banyak, itu bukan masalah yang besar saat itu, karena memang belum banyak kebutuhan. Tapi syukurlah masih bisa di sisakan untuk di tabung. Sampai saat itu saya masih belum punya keinginan kuliah, walaupun terkadang terlintas di kepala untuk bisa merasakan bangku kuliah, seperti temen temen lainya. Dengan keputusan untuk tidak kuliah dulu, saya harus berjanji pada diri sendiri, harus bisa belajar sendiri dan tidak boleh kalah sama yang kuliah, kan ada internet.

Bulan maret kemarin, Saya pindah kerja lagi, sebenernya saya sudah nyaman dengan kerjaan sebelumnya, punya waktu banyak untuk belajar, mengembangkan ilmu yang ingin di pelajari, punya banyak waktu untuk “dolan”. Karena ada beberapa faktor akhirnya saya di sarankan mengikuti test lowongan kerja di salah satu kantor di ngawi juga. Mungkin saya di takdirkan untuk selalu tinggal di ngawi kali ya, pindah kerja selama 3 kali masih tetep di ngawi ngawi aja, tapi alhamdulillah deh, bisa deket dengan rumah, bisa mudik kapan aja. Oke, di tempat kerja baru ini jam kerjanya lumayan padat, lumayan menyita waktu saya, waktu belajar, waktu dolan haha. Di tempat baru ini kerjanya Senin sampai Jum’at saja, sabtunya saya masih kerja di tempat kerja sebelumnya saja, iya kerjanya satu hari doank, kebetulan aja masih di butuhkan di sana. Oh ya, ini kan bahas ramadhan, Ramadhan kali ini lumayan punya waktu di malam hari karena pulang kerja jam 5 sore. Tapi masih sering bolos tarwih, nggak sering sih bolosnya. Kalau pas pulang malam atau pas capek banget aja gitu pasti pulang kerja langsung tidur haha.

Untuk tahun ini insya allah puasanya nggak ada yang bolong, tapi belum ada peningkatan dalam hal ibadah, berbeda dengan tahun kemarin saya jadi lebih rajin sholat 5 waktu daripada sebelumnya yang masih bolong bolong, berkat orang orang yang sangat super sekali. Terimakasih buat orang orang yang pernah mengubah hidup saya, mengubah menjadi lebih baik. Syukur alhamdlillah telah engkau hadirkan orang orang baik di sekitar saya ya allah, engkau baik sekali pada hambamu ini. Semoga ramadhan ini membawa berkah buat saya, aamiin.

Oh ya, Ramadhan tahun ini saya jarang buka puasa di rumah, saya lebih sering buka puasa dan sahur di ngawi. Buka dan Sahur di rumah mungkin hanya 2 kali seminggu. Belum lagi kalau ada acara bukber (Buka Bersama) dan bertepatan pada jatah saya pulang kerumah. Sebenarnya lebih nyaman Buka dan Sahur di rumah, makananya gratis, dan oleh Koki terhebat di dunia, emak saya. Kalau di ngawi kadang malah nggak sahur karena nggak ada yang ngebangunin, biasanya sih di bangunin alarm, kadang juga di bangunin sama temen temen (makasih ya yang udah bangunin saya pas sahur, semoga dapet pahala ya kamu haahah). Untuk menu berbuka dan sahur saya harus beli di warung, kadang kalau males juga minum air putih sisa kemarin, trus makan nasinya entar setelah solat tarwih. Bener bener nggak ada yang “Ngopeni” kalau di ngawi.

Udahan dulu ya, Bentar lagi juga udah mau lebaran. Sekalian saja saya ingin mengucapkan “Marhabban ya Ramadhan” dan juga “Minal Aidzin Walfaidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin” teruntuk teman teman tercinta dan pengunjung blog ini, yang baca tulisan ini, temen temen dunia maya yang belum pernah ketemu, pokoknya buat semua aja yang kenal saya secara offline dan online saja ya. Kalau mau mapir ke rumah saya, silahkan,, tapi kalau bisa saya di kasih angpaunya, yang banyak yah, hehehe. Wassallam..