Belajar Desain Kaos dengan Inkscape

Dalam rangka membantu pemerintah untuk memberantas pembajakan di bidang software khususnya, kali ini saya mau berbagi sedikit cerita tentang aplikasi open source dan gratis untuk membuat desain vektor. Kalau biasanya anda sudah sering mendengar atau menggunakan software vektor yang berbasis di windows yaitu corel draw, nah ini salah satu software yang hampir sama yaitu pengolah gambar vektor. Nama software open source ini namanya InkScape, bedanya InkScape dengan Corel Draw kalau InkScape Gratis sedangkan Corel Draw Berbayar (Sebenarnya). Tapi mungkin anda ada yang belum tahu kalau sebenarnya Corel Draw itu berbayar, dan biasanya kalau anda tidak tahu kalau Corel Draw itu berbayar, berarti anda kemungkinan menggunakan Software Baa.. Jaa.. Kan.

Oke kita lupakan Coler Dlaw. . .

Jadi gini, ceritanya aku juga enggak mahir mahir amat menggambar baik di kertas maupun secara digital di komputer. Kalaupun bisa ya asal bisa aja, dulu pernah belajar dikit dikit dari internet tentang vector gitu, dikit tapi.. dikit banget. Kalau anda sedang ingin belajar vektor Corel Draw bisa mengunjungi blognya mas ndop, beliau ahlinya vektor, kerjanya juga berhubungan dengan vektor, blognya isinya juga tentang tutorial vektor, mampir saja ke www.dzofar.com.

Terus tadi siang di tempat kerja ceritanya aku di panggil sama atasan, di suruh buatkan desain kaos. Sebenarnya bukan buat sih, tapi cenderung mengubah dari oret oretanya si bapak di gambar ulang di komputer gitu. Tapi kan aku enggak bisa gambar? tadinya mau bilang gitu tapi bapaknya sudah menjelaskan panjang lebar tentang desainya, warnanya gini, anunya gini, anunya gitu, panjang lebar sambil mencoret coret di kertas putih kosong. Aku cuman bisa manggut manggut aja dan tidak pasang wajah bingung. hhahaha.

Ya sudah akhirnya saya garap sebisanya aja, aku keinget software inkscape, langsung chek di menu komputer saya, sudah terinstall apa belum. Oke, ternyata sudah ada, sambil mengingat ingat tutorial beberapa abad yang lalu saya mulai menggerakkan mouse untuk membuat garis garis sesuai yang di gambar kertas putih itu, saya kasih warna sesuai keterangan yang bapak kasih tadi. Jadinya kayak gini,

Bagi yang lagi nyari contoh desain kaos, silahkan di comot. Gratis kok hahaha.