Mengatasi Error Saat Setting CNAME Blogger

Jika anda adalah pengguna jasa blogger atau blogspot dari si mbah google dan mengubah domainya menjadi TLD seperti .com .net ataupun custom domain lainya seperti desa.id co.id web.id sch.id pasti sering menemui kesulitan saat setting CNAME di pengaturan domainya. Walaupun tidak semua orang bakal kesulitan saat setting di bagian ini, soalnya tergantung dari penyedia layanan domain yang berbeda beda fitur ataupun tampilan setting DNS untuk CNAMEnya.

Sebenarnya di pengaturan domain itu tidak ada setting untuk CNAME, yang ada hanyalah form untuk mengisikan nameserver. Jadi kalau kita ingin menghubungkan antara domain dan blogger kita butuh DNS Park untuk menghubungkan domain menggunakan CNAME. Di dalam DNSpark kita bisa mengatur dan mengarahkan kemana CNAME domain di arahkan. jadi alurnya gini

www.domainkita.com ==> Nameserver ==> DNS Park ==> CNAME ==> Blogger

Kira kira ilustrasinya kayak gitu, nah kadang penjual domain tidak memiliki fitur DNS Park, jadi harus pakai layanan pihak ketiga lagi. Banyak juga yang gratis, dulu pernah pakai jasa pihak ketiga juga saya, tapi lupa. hehehe.

Nah, tadi saya juga baru beli domain yang mau saya hubungkan ke blogger, kebetulan di tempat saya beli ada fitur DNSParknya, tapi harus kirim ticket ke Helpdesk terlebih dahulu, dan akhirnya saya minta user dan password untuk mengakses ke halaman setting DNS. Saya coba masukkan CNAME sesuai yang di instruksikan google. Setelah saya tunggu beberapa menit ternyata belum nyambung ke bloggernya, akhirnya saya tinggal cari makan sego kucing di angkringan pak yanto. hahaha. Setelah pulang makan saya chek lagi, waduh kok belum aktif juga. Walaupun pada keterangan di tuliskan bawha perubahan membutuhkan waktu 2x24 jam maksimalnya. Tapi dulu dulu enggak sampai segitu lamanya, paling tidak 15 menit sudah jadi, lah ini kok belum. Akhirnya saya tanya ke mas mas Helpdesknya lagi, dan ternyata cuman sepele. Cuman menambah titik di belakang doank.

Screenshot from 2013-09-17 22:12:31

Nah, sesuai petunjuknya blogger itu tidak ada titiknya di belakang. Tapi setelah saya adukan ke mas Helpdesk ternyata di koreksi dan saaya di beri tahu kalau cuman di kasih titik di belakangnya itu, yang bagian ghs.google.com. sama yang atasnya yang panjang itu juga. Ternyata hal sepele seperti titik aja berpengaruh besar sekali ya. Jadi jangan meremehkan hal sekecil apapun mas broo.

Udah, saya sudah ngantuk ini. Babay..