Susah susah gampang

Eh, ngak sadar pemirsa,, ternyata sudah tahun baru. Ah sama saja sepertinya, masih seperti ganti bulan pada bulan bulan yang lain, hanya saja pergantian bulaan kali ini di ikuti dengan pergantian tahun. Aku masih heran, kenapa tahun baru di rayain, ada yang mau menjawab :D silahkan di tulis di kolom komentar yah, heehe.

 

Oh iya, seperti yang sudah pernah saya tuliskan di postingan sebelumnya [disini] bahwa tahun baru saya berencana mengganti baju blog ini akhirnya kesampaian jugak. walaupun ternyata saat pertamakali saya mengunggah theme ini ke hosting dan saya apply ke blog saya, badhala… ada beberapa fitur yang tidak berfungsi. Aku sedikit panic, padahal selama saya dev di offline baik baik saja.

 

Kemudian saya curiga di script javascript saya, kemungkinan errornya ada di situ. Saya akhirnya menggunakan fitur google chrome yaitu inspect element, khususnya pada fitur Console. fitur ini biasanya saya gunakan untuk melihat log output dari java script, karena javascript kalau error ya diem aja nggak bilang bilang, makanya harus di intip di sini. kalau di firefox fitur ini seperti add on firebug, bedanya kalau di chrome sudah include di aplikasinya, enak bukan.

 

Setelah saya inspeksi ternyata memang ada error pada beberapa javascript. Aku panik lagi, masih dengan anggapan yang sama, kenapa di offline bisa jalan lancar, tapi pas di onlinekan malah error kayak gini nih?. Aku frustasi (lebay dikit) dan akhirnya saya kembalikan ke theme sebelumnya. waktu uji coba ini masih pada bulan september kemarin, dan akhirnya saya ngambeg nggak utak atik theme dulu.

 

Beberapa hari kemudian akhirnya aku kepikiran juga, penasaran sama kasus ini. Dan setelah saya selidiki kira kira ini javascriptnya konflik sama plugin yang sudah tertanam di blog ini. Kira kira apa yah, tersangka pertama yang saya tuduh ya JetPack. Karena memang jetpack punya seabreg fitur yang kebanyakan fitur untuk front end. Dan setelah saya disabled jetpacknya, huwala.. bisa jalan. Saya biarkan blog saya meluncur tanpa plugin.

 

Selang beberapa hari, tepatnya hari ini saya masih penasaran, merasa kurang puas dengan apa yang saya buat. Masak iya theme di pasang terus harus korban disable plugin lain, ini kan gak adil, nggak sempurnaaa… (sambil nyanyi). Setelah saya utak atik, saya teliti, try and errrooorr.. akhirnya ketemu jawabanya. Ya masih berkutat di javascript, cuman penempatan baris kode aja susunanya masih salah. Tapi anehnya di offline bisa jalan, itu aja yang masih bikin aku penasaran. Mbuh wis, pokoke saiki wis rodok lego, hahaha.