Cara Install Codec openSUSE 13.1

Mungkin ada sebal kalau baru pertamakali memakai linux tapi belum ada multimedia codecnya. Memang kebanyakan distro besar seperti ubuntu dan openSUSE tidak memasukkan media codec dalam paket installasinya. Mungkin ini dikarenakan untuk mengurangi pembajakan era digital yang merajalela. tapi bagimana lagi, kita tetap membutuhkanya walaupun tidak ada dalam paket installasi, dengan cara menginstallnya manual.

Di Distro keluarga ubuntu mungkin mudah untuk menginstall multimedia codec, kalau di opensuse sedikit agak berbeda bisa di bilang lebih mudah atau bahkan anda bakal mengira lebih rumit.

Di opensuse sendiri, ada beberapa cara untuk menginstall software, dengan basis text (terminal) maupun dengan GUI. salah satunya menggunakan 1-Click Installer. fitur ini merupakan bagian dari YaST (fitur unggulan openSUSE) yang memudahkan user untuk menginstall dalam mode GUI. Seperti di windows, kita terbiasa next next dan finish software sudah terinstall, dan Seperti itulah 1-Click Installer akan bekerja.

Install Codec dengan 1-Click Installer

Yang anda butuhkan adalah hak akses administrator, karena untuk menginstall aplikasi di linux kita membutuhkan hak akses administrator. kemudian klik tombol di bawah ini. ymp Jika terdownload secara otomatis buka file tersebut dan ikuti petunjuk berikutnya, akan tetapi kalau terbuka sebagai text, simpan (download) file tersebut ke komputer terlebih dahulu.

Selengkapnya Baca panduan di sini : Multimedia Codec

Proses installasi cukuplah mudah, tinggal klik next next next dan selesai, codec siap di gunakan di komputer anda. tapi harap di baca secara seksama peringatan dan pesan yang muncul pada saat installasi berlangsung. Semoga berhasil.

Salam Open Source !!