Membuat Font KDE tampak lebih halus

KDE salah satu dekstop environment yang terkenal “cantik” ini memang sangatlah menawan. Seperti review saya tentang openSUSE kemarin (dapat di baca di sini) bahwa KDE versi terbaru memanglah lebih halus daripada KDE versi lama saat pertamakali saya mengenal KDE. Desktop Environment ini memang populer karena sering disebut sebut mirip dengan windows, yang tentunya dapat memudahkan imigran beradaptasi dari windows ke Linux.

 

Kali ini saya akan membagikan sedikit tips supaya tampilan KDE anda lebih menawan. Kita akan memberikan sedikit tweak pada tampilan font pada system Linux KDE kita. Dalam hal ini saya menggunakan distro openSUSE 13.1, anda dapat menyesuaikan distro apa saja asalkan menggunakan KDE sama seperti saya.

 

Kita akan sedikit bermain main dengan fonnt dan anti-aliasing. Anti-aliasing dalam pengolahan sinyal digital adalah teknik mengurangi artifak distorsi dalam merepresentasikan citra resolusi tinggi pada resolusi yang lebih rendah (WikiPedia). Jika anda pernah melihat tampilan font di system Mac OS atau font di browser safari, anda akan merasakan perbedaan, yaitu lebih halus atau smooth, nah kali ini kita akan melakukan tweak untuk mendapatkan efek smooth pada font di system KDE, walaupun tak sebagus di Mac OS, tapi setidaknya membuat mata kita adem dan betah berlama lama di depan komputer.

Tweak

Pengaturan font ini ada di system settings, tepatnya berada pada bagian font setting. Langkah langkahnya sebagai berikut

Gambar 1: Setting Font Gambar 1: Setting Font

Semua font nya di setting Droid Sans sesuaikan seperti di gambar, kemudian pada option Use anti-aliasing : pilih Enabled. Kemudian klik tombol Configure… Klik centang (check) pada pilihan use sub-pixel rendering. Kemudian pada pilihan Hinting Style: pilih yang full, Klik OK untuk melanjutkan dan klik Apply untuk menerapkan ke system anda. Mudah bukan, coba bandingkan dengan tampilan sebelumnya, anda akan merasakan perbedaanya.