Tutorial Qt C++ 4 : Program Sederhana Hello Indonesia

Cara belajar yang efektif menurut saya adalah try and error. Karena dari sebuah pesan error, kita akan mengerti apa yang sedang terjadi, hehehe. Syukur syukur kalau bisa try dan faham tanpa error. Melanjutkan beberapa artikel saya sebelumnya yaitu (Part 1, Part 2, dan Part 3) pada kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh code sederhana Qt untuk bahan percobaan belajar. Jika anda sudah membaca sebelumnya, pada Part 2 saya sudah memberikan contoh potongan Code Hello Indonesia, daripada kita membuat project lagi, lebih baik kita lanjutkan saja project yang kemarin (jika anda sudah mengikutinya, kalau belum silahkan baca dulu Part 2).

Buka Project Yang sudah Ada

Jika pada tutorial kita sudah belajar bagaimana membuat project, kali ini kita akan mempelajari bagaimana membuka atau meneruskan project yang sudah pernah kita buat sebelumnya. Pertama kita buka Qt Creator, Pada halaman Wellcome klik tab Develop. Pada tab tersebut akan muncul project yang pernah kita buat / buka sebelumnya.

Gambar 1: Tab Develop Gambar 1: Tab Develop

Pada tutorial yang lalu, kita membuat project dengan nama ChipConsole (atau anda menamai project anda sendiri sesuka hati), klik pada project tersebut untuk membukanya.

 Penjelasan Koding

Baiklah pada tutorial yang lalu kita membuat project dengan jenis console aplication. Pada saat kita membuat project ini secara default akan terbentuk file main.cpp file ini adalah file yang berisi program yang pertamakali di panggil saat program dijalankan.

Kira kira potongan kode seperti berikut

Di dalam c++ kita perlu melakukan include header file untuk memanggil fungsi fungsi tertentu. Misalkan saya ingin menggunakan fungsi qDebug() untuk memunculkan text ke halaman terminal, di sini fungsi tersebut bukan merupakan fungsi standart c++, jadi kita harus melakukan include terhadap headernya….

Untuk melakukan include, kita menggunakan syntax #include dan di ikuti nama file header yang berisi library atau kumpulan fungsi yang nantinya akan kita gunakan.

Dengan begitu saya bisa memanggil fungsi qDebug untuk mencetak kalimat di layar console anda menggunakan syntax:

di dalam C++ memiliki fungsi utama yang akan di panggil ketika program kita di eksekusi, yaitu fungsi main. semua kode yang berada dalam fungsi main akan di jalankan pertamakali. Seperti potongan kode di atas, saya meletakkan syntax kode saya di antara { sampai } pada fungsi main.

Kalau dalam dunia nyata, fungsi main ini bisa kita ibaratkan resepsionist, dia yang mengatur pertamakali user harus di arahkan kemana, di tampilkan pesan apa, memanggil fungsi fungsi yang ada pada library, menampilkan data, dan juga menerima inputan dari user.

Coba anda bayangkan tugas resepsionis dan sambungkan dengan logika fungsi main() seperti yang di contohkan di atas. Selamat mencoba.

Jika anda masih bingung, coba buffer video berikut, cuma 45 detik saja.

[youtube=http://www.youtube.com/watch?v=vjLjddfuIz0]