Masalah suara berisik (Noise) Pada saat merekam di laptop

Laptop saya ini memang agak aneh, dari segi port yang tersedia terutama yang paling aneh adalah bagian sound. Jadi kalau laptop biasanya ada 2 port yang berbeda yakni khusus untuk Speaker / Headset dan satunya untuk Microphone, kalau di laptop saya (Asus X45 A) colokanya hanya satu lubang, jadi seperti colokan jack audio di HP. Sedangkan perangkat yang tersedia di pasaran colokan keduanya terpisah antara speaker dan mic. Misalkan saya beli headphone dengan microphone, saya kebingungan untuk colokan mic mau di tancapkan kemana?

 

Hal tersebut membuat saya jarang menggunakan microphone walaupun saya punya headset yang sudah ada microphone nya juga. Sebenarnya saya juga suka membuat video tutorial supaya bisa di unggah di YouTube, tapi ya itu tadi sempet bingung kalau mau menjelaskan dengan narasi karena mic saya tidak berfungsi. Jadi beberapa video tutorial saya kebanyakan tanpa penjelasan hehehe.

Skip.. Skipp…

Singkat cerita, saya baru tahu kalau ada semacam audio converter ke USB, jadi ada perangkat yang dapat di gunakan untuk menancapkan 2 jack sound tadi supaya bisa di fungsikan semua ke laptop saya melalui port USB. Kira kira alatnya seperti gambar dibawah ini.

 

A photo posted by Sucipto.Net (@showcheap) on Jan 22, 2015 at 7:57pm PST

Nah setelah beli alat tersebut seharga Rp. 30.000 akhirnya saya coba dengan headset yang sudah lama sekali microphone nya tidak digunakan. Setelah saya test untuk membuat video tutorial menggunakan simple screen recorder di Linux Ubuntu ternyata ada suara berisik / noise pada suara yang terekam. Akhirnya saya keliling google untuk mencari solusi masalah ini, dan akhirnya ketemu thread di forum ubuntu (luar negeri) di sini .

Dari penjelasan tersebut dijelaskan bahwa, kalau merekam menggunakan laptop jangan sambil di Charge, karena akan muncul suara berisik pada saat merekam suara. Entah ini hanya terjadi di linux atau di lain sistem operasi juga, atau mungkin juga hanya berlaku di laptop jenis jenis tertentu. Yang jelas masalah tersebut sudah beres.