Cara mendapatkan SSL (https) Gratis dari CloudFlare

Alogaritma google yang terbaru kabarnya memprioritaskan situs / blog yang menggunakan protokol yang aman atau bisa di sebut juga SSL (Secure Socket Layer). Apa sih SSL? SSL itu menandakan situs kita menggunakan koneksi yang aman dengan metode enkripsi data pada setiap transaksi data. Transaksi di sini maksudnya adalah proses terjadinya pertukaran data, seperti transaksi login, input nomor rekening bank, atau data data penting lainya. Maka dari itu google lebih memprioritaskan situs yang memperhatikan keamanan data pada situsnya. Ciri ciri website yang memiliki koneksi ssl dapat di lihat pada urlnya, kalau protokol url yang di gunakan adalah https://domain.com maka situs tersebut menggunakan SSL.

 

Beli SSL?

Untuk mendapatkan SSL, kita diharuskan untuk membeli sertifikat digital yang kita daftarkan pada sebuah domain kita. Harganya pun bermacam macam, yang paling murah sekitar $4 (USD) yang dapat kita beli melalui penyedia layanan SSL seperti Comodo, Namecheap, Godaddy dan lain lain.

Yang gratis ada nggak?

Oke oke, sesuai judul saya akan memberikan cara mendapatkan ssl secara gratis menggunakan jasa CloudFlare. Cloudflare sendiri sebenarnya adalah situs penyedia jasa CDN (Content Delivery Network). apa itu CDN? semacam server yang berada di beberapa lokasi di seluruh dunia yang tugasnya melakukan mirroring konten, CDN akan membuat sebuah situs dapat di load semakin cepat karena konten kita di mirror ke server terdekat dengan lokasi kita dan yang kita akses adalah konten yang berada di server paling dekat dengan kita.

Nah, Cloudflare itu sendiri sebenarnya merupakan layanan berbayar, tapi terdapat juga layanan yang gratis, dan dari situlah kita akan mendapatkan ssl gratis.

Cara mendapatkan SSL Gratis

Oke langsung saja, cara mendapatkan ssl gratis dari cloudflare pertamakali kita harus mempunyai akun cloudflare, kalau belum punya ya harus daftar dulu lah :D. Daftarnya langsung disini yah gan : https://www.cloudflare.com daftarnya juga cukup mudah, tidak ada 5 menit selesai.

Kalau sudah terdaftar, masukkan nama domain pada kolom seperti dibawah ini

Tambahkan Website Tambahkan Website

Klik tombol add website dan tunggu proses scanning name server record yang ada pada domain tersebut, biasanya proses sekitar 1 menit.

Scanning Record domain Scanning Record domain

Setelah proses scanning selesai, lanjutkan pada step selanjutnya. Setelah langkah di atas, kita akan diminta untuk memilih jenis langganan, karena kita tadi niatnya cari gratisan ya kita pilih saja yang free, hehehe.

Pilih yang gratis Pilih yang gratis

Pastikan tombol SSL sudah on atau berwarna hijau. Langkah selanjutnya kita harus melakukan pointing nameserver ke server cloudflare.

Ganti Name Server Cloudflare Ganti Name Server Cloudflare

Setting name server yang ada pada domain anda, dan arahkan ke name server milik cloudflare. Seperti contoh punya saya, sebelumnya menggunakan nameserver milik penyedia hosting, sekarang saya ubah ke nameserver milik cloudflare. Hal ini tidak akan mempengaruhi hosting anda. Kita hanya menambahkan cloudflare sebagai jembatan saja, jadi skema alur kerjanya seperti ini

 

Settingan Lama : >

Domain ==> Hosting >

Dengan Cloudflare : >

Domain ==> Cludflare ==> Hosting  

Setelah anda mengganti nameserver di pengaturan domain anda, kita tunggu dahulu biasanya waktu peralihan name server agak lama, maksimal 2×24 jam. Jika website anda sudah bisa diakses menggunakan https:// berarti proses sudah berhasil dengan lancar.

Sebenarnya masih ada settingan lanjutan untuk setup ssl, mungkin akan di bahas pada artikel selanjutnya, sementar sampai di sini dulu cara mendapatkan ssl gratis nya, semoga bermanfaat buat rekan rekan blogger.