Video Tutorial Qt C++ Bahasa Indonesia

Setelah beberapa lama vakum bikin posting di blog ini, saatnya kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu yang saya pelajari kemarin. Masih mengenai pemrograman Qt C++, berbeda dengan posting sebelumnya yang menggunakan e-book kali ini saya akan menyajikan tutorial dalam bentuk video.

 

Sebenarnya kemarin iseng iseng bikin screen recording, dari pada testing tapi tidak menghasilkan sesuatu mending sekalian saya membuat video tutorial ini. Video ini di buat menggunakan laptop dengan sistem operasi Ubuntu 14.04. Aplikasi screen recorder yang saya gunakan adalah Simple Screen Recorder, menurut saya aplikasi ini sangat bagus untuk merekam layar kita, karena video yang dihasilkan tetap jernih dengan ukuran file yang mini, saya sudah membandingkan beberapa video screen recorder lain, tapi sampai saat ini menurut saya, simplescreenrecorder adalah yang terbaik di linux.

 

Langsung Saja berikut ini saya embed dari chanel youtube saya yang sudah saya jadikan dalam satu buah Play List, selamat menikmati, selamat menonton, selamat belajar..

Daftar Putar

  1. Belajar Qt C++ : 1 Mengenal Qt Creator dan Membuat Project
  2. Belajar Qt C++ : 2 Desain Form Layout (GUI)
  3. Belajar Qt C++ : 3 Mengenal Group Layout pada Qt
  4. Belajar Qt C++ : 4 Membuat Kalkulator Sederhana
  5. Coming Soon.. Atau langsung ke situs youtube melalui tautan ini (Youtube.Com)

 

Bagaimana dengan seri ebooknya?

Insya allah akan tetap dilanjutkan, Untuk video tutorial perdana ini masih banyak kekurangan, seperti pada video 1,2, dan 3 suaranya hampir tidak terdengar sama sekali. Karena saya waktu rekaman malam hari, jadi tidak berani bicara keras keras, takut ganggu tetangga :D. Tapi alhamdulillah pada video ke 4 sudah lumayan bisa edit bagian suaranya sehingga terdengar lebih keras dan juga suara noise dapat di hilangkan. Untuk editing suaranya saya menggunakan Audacity, sedangkan untuk bagian merging audio video saya menggunakan avconv (ffmpeg).