Cara Install Composer Di Linux

Composer adalah alat manajer depedensi untuk PHP yang mempermudah kita dalam manajemen proyek. Hari ini saya memulai mempelajari Laravel, dan laravel menyarankan menggunakan composer dalam proses development. Saya ingin belajar laravel karena framework ini merupakan framework yang populer pada tahun 2014 dan sampai sekarang, menggeser popularitas Codeigniter. Untuk menginstall composer di linux kita cukup menjalankan dua baris perintah di terminal.

Satu

Buka terminal linux kamu, kemudian ketikkan perintah dibawah ini

curl -sS https://getcomposer.org/installer | php

Tunggu sampai proses installasi selesai, tidak memakan banyak waktu kok, sekitar satu menit tergantung koneksi internet anda. Ingat ya, proses ini membutuhkan koneksi internet. Perintah di atas akan mengunduh file installer dari situs getcomposer.org dan menghasilkan binari composer.phar.

Dua

Langkah kedua, pindahkan file composer.phar ke folder /usr/bin agar dapat kita gunakan lebih mudah di lingkungan terminal linux. Caranya sebagai berikut

sudo mv composer.phar /usr/bin/composer

Perintah tersebut akan memindahkan file binari composer.phar ke folder /usr/bin/ sehingga kita bisa memanggil perintah composer darimana saja.

Sekarang, coba chek apakah installasi berhasil atau tidak. Jalankan perintah berikut ini untuk melakukan pengechekan versi dari komposer.

composer -V

Apabila perintah di atas menghasilkan output seperti contoh dibawah ini, berarti anda sudah berhasil melakukan installasi composer di sistem linux anda. Selamat !!

Composer version 1.0-dev <dipotong> 2015-05-11 14:49:39

Refrensi

  1. http://askubuntu.com/a/165241
  2. https://getcomposer.org/download/