Membuat Web Server : Mengaktifkan modul mcrypt di PHP5

Ini tulisan yang berhubungan dengan tulsian saya kemarin soal installasi dan konfigurasi apache + php5 untuk membuat webserver dan juga artikel tentang composer.  Kali ini saya mencoba untuk menginstall laravel di mesin linux ubuntu saya, menggunakan perintah seperti dibawah ini menggunakan composer.

Setelah menjalankan perintah diatas, munculah error seperti di bawah ini. Karena composer mendeteksi adanya sebuah depedensi yang belum terpenuhi untuk menggunakan laravel di sistem saya. Jadi composer sangat membantu sekali disini.

Saya mengira modul mcrypt belum terinstall, lalu saya coba menginstall menggunakan perintah. Padahal saya ingat betul, php5-mcrypt merupakan depedensi paket phpmyadmin. Sebelumnya saya sudah menginstall phpmyadmin, jadi seharusnya php5-mcrypt sudah terinstall di mesin ubuntu saya.

Dan hasilnya, ternyata sudah terinstall sodara sodara. Tapi nyatanya si komposer tidak mendeteksi keberadaan modul mcrypt. Lalu saya buka google chrome dan mencari solusi atas masalah ini. Kalau sudah terinstall, tapi belum terdeteksi oleh komposer, kemungkinan belum di enable atau belum diaktivkan. Kemudian saya check menggunakan terminal dan perintah seperti dibawah ini.

Perintah diatas berguna untuk menampilkan keseluruhan modul php yang aktiv. Dan saya tidak menemukan tulisan mcrypt pada daftar modul php yang aktiv. Jadi masalahnya, modul mcrypt belum diaktivkan. Setelah membaca tutorial di askubuntu (disini) akhirnya saya tahu dan baru tahu untuk mengaktivkan modul di php, menggunakan perintah seperti ini.

Lalu restart apache2 untuk menerapkan ke system.

Dan saya coba perintah php -m dan mcrypt sudah terdaftar sebagai modul yang akif. Kesimpulanya, di php ternyata ada juga modul yang perlu diaktivkan terlebih dahulu, saya kira begitu menginstall paket php5-mcrypt akan otomatis aktiv modulnya di php.

Nah, begitu kira kira saya dan orang orang di internet menyelesaikan masalah, harus diruntut dari awal dan mencoba segala kemungkinan. Saya terkadang sedih melihat pertanyaan berulang di group group pemrograman, group komputer, dsb. Padahal di internet sudah banyak situs yang memuat pertanyaan yang sama beserta jawabanya. Beruntung sekali semenjak keberadaan stackoverflow, askubuntu, dan kerabatnya ada di internet, mencari solusi dari permasalahan kebanyakan sudah terjawab disana.