Review : Aplikasi Atom Text Editor

Aplikasi text editor merupakan aplikasi yang sudah sewajarnya terinstall di komputer seorang programmer. Karena sebuah program sejatinya adalah kumpulan dari kode yang disusun sedemikian rupa untuk menerjemahkan logic yang dibuat oleh sayng programmer. Kali ini saya akan me-review sebuah aplikasi text editor yang dibuat oleh Github beserta komunitas seluruh dunia, ya atom memiliki kode sumber terbuka yang siapa saja dapat berkontirbusi terhadap perkembangan Atom.

Atom Text Editor

Atom sendiri memiliki tagline “A hackable text editor for the 21st Century” yang dengan tegas menerangkan bahwa text editor ini sangat mudah untuk dikustomisasi sesuai kebutuhan kita. Atom bisa disebut pesaing dari Sublime text editor, bagi anda yang ingin mencari alternatif sublime, Atom adalah pilihan tepat. Berikut ini fitur fitur Atom text editor

Terintegrasi denga Git

Jelas sekali, atom dibuat oleh Github yang notabene penyedia layanan repositori git maka atom secara default sudah mendukung git repository di sistem anda. Hal yang menarik, atom akan memberikan warna tertentu pada setiap file yang mengalami perubahan sesuai status di git. Jadi kita tahu file mana yang telah mengalami perubahan dan tidak.

Tersedia Banyak Theme

Bagi sebagian orang, tampilan adalah hal yang penting. Di atom, anda dengan bebas dapat menginstall dan mengganti tema aplikasi atom sesuai selera anda. Di repository atom juga sudah tersedia banyak tema yang dapat anda unduh secara gratis.

Tersedia banyak Plugin

Sesuai tagline atom, anda dapat memasang plugin sesuai kebutuhan anda. Semua sudah tersedia di repository atom dan anda dapat menginstallnya dengan gratis. Contoh plugin yang dapat anda install, Ftp, autocomplete-php, autocomplete-css, code snippet, dll.

Terdapat fitur package manager

Di atom terdapat package manager yang bernama apm (atom package manager). Fitur ini mempermudah kita dalam installasi tema atau plugin melalu terminal. Contoh untuk menginstall plugin menggunakan apm di terminal tirtonadi.

Multiplatform

Atom tersedia untuk beberapa macam sistem operasi, mulai dari Linux, Mac OS, dan juga windows. Untuk mengunduh atom secara gratis anda dapat mengunjungi situs resminya di http://atom.io. Atau bagi pengguna linux ubuntu bisa menginstall melalui ppa yang disediakan oleh webupd8 (baca disini).