Cara disable Repositori di Fedora

Semenjak fedora 22 aplikasi manajemen paket fedora yang semula bernama yum, akan digantikan dengan yang baru, yakni dnf. Karena saya sebelumnya sudah terbiasa menggunakan distro linux keluarga ubuntu / debian yang menggunakan apt-get, agak sedikit kagok saat pertamakali menggunakan dnf maupun yum.

Seperti kasus yang saya alami ini, ketika repositori google chrome mengalami masalah. Google chrome tidak ditemukan di repositori resmi google, muncul pesan 404 not found seperti ini

MIRROR] google-chrome-stable-43.0.2357.124-1.x86_64.rpm: Status code: 404 for http://dl.google.com/linux/chrome/rpm/stable/x86_64/google-chrome-stable-43.0.2357.124-1.x86_64.rpm Saya mau melakukan update aplikasi jadi terhalang karena satu aplikasi yaitu google chrome tidak dapat terunduh karena repositorinya tidak terdapat file update yang benar. Jalan satu satunya adalah mendisable repository google chrome dan mengunduh update google chrome secara manual.

Untuk mendisable repository menggunakan dnf bisa menggunakan perintah berikut ini di terminal.

Setelah itu, saya melakukan update dan lancar jaya. Sekian catatan tentang dnf di fedora. Semoga menjadi bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Refrensi :

  1. http://superuser.com/a/920685