Translate API gratis dari Yandex

Setelah api google translate kini berbayar saya mencari cari penyedia layanan translate yang mudah di gunakan dan tentunya gratis, kemarin kemarin pernah ketemu dengan api translatenya bing, tapi sayang sekali dokumentasinya susah masih bingung dengan produk produk mikrosop.

Beberapa bulan yang lalu, saya menemukan penyedia layanan translate yang gratis, yaitu dari yandex. Awalnya ada yang tanya di group android yang ingin menggunakan api yandex ini, dan kebetulan saya juga lagi mencari api translate yang gratis, heehe.

API (application programming interface) atau Antarmuka pemrograman aplikasi sendiri merupakan semacam layanan yang memungkinkan kita menggunakanya untuk beberapa keperluan dengan aplikasi maupun bahasa pemrograman yang berbeda. Kali ini saya akan memberikan sebuah contoh cara menggunakan API yandex menggunakan bahasa pemrograman php yang berbasis OOP.

 

Pada snippet kode di atas, terdapat dua file yakni yandex.php dan example.php, file yandex.php berisikan class php yang saya tulis, dan anda tinggal pakai, cara memakainya anda harus menuliskan api key pada variabel

untuk mendapatkan api key, anda harus daftar di yandex terlebih dahulu. Sedangkan cara pemakaian, saya contohkan pada file example.php

Potongan skrip diatas merupakan sebuah modul yang pernah saya tulis untuk bot telegram untuk perintah translate, :D.