Cara Uji Coba ketahanan Web Server / Hosting

Kemarin saya memindahkan hosting blog ini yang tadinya dari dracoola ke vps. Kebetulan pas ada promo murah vps dengan ram 256 Mb, CPU 2 core dan Disk 50Gb cuman $10 / tahun (kalau anda ingin vps murah, bisa hubungi dan order ke saya :D ). Walaupun spesifikasinya terlihat kecil (ram nya) tapi ternyata cukup tangguh untuk 1 -3 blog dalam 1 vps low end ini. Tadinya juga khawatir dengan ram segitu  apakah bisa untuk web server dengan visitor yang banyak, akhirnya saya mencari untuk mengetes ketahanan server terhadap banyak request dalam satu waktu.

Setelah browsing, akhirnya ketemu sebuah tool dari apache bernama ab (apache benchmark). Dan akhirnya mencari cara untuk menggunakan tool tersebut. Untuk menginstallnya di mesin linux anda bisa menggunakan perintah berikut ini

Dan untuk menggunakanya untuk mengetest sebuah server, dapat menggunakan perintah berikut ini

Keterangan :

Contoh

Catatan : Selalu tambahkan / pada akhir alamat web, kalau tidak maka akan di anggap sebagai invalid url. Tunggu sampai proses benchmark selesai. Setelah selesai hasil pengujian akan ditampilkan, kalau kamu mengetes sebuah server vps, coba pantau grafik resource menggunakan htop atau tool yang lain, dan berikut ini hasil pengujian yang tadi saya lakukan.

Dan berikut resource yang terpantau saat proses uji coba berlangsung.

Htop Htop

Pada gambar nampak load CPU meningkat, karena server menerima banyak sekali request. Nah dari sini dapat disimpulkan, vps low end masih bisa menangani request 100 online user pada saat bersamaan. Spesifikasi teknis server yang saya uji di atas:

Sekian laporan dari saya, semoga dapat menjadi pertimbangan untuk memesan vps untuk hosting dengan visitor yang banyak.

Warning : Test ini memungkinkan server anda down, pastikan memulai dengan angka kecil terlebih dahulu. Saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi, do with your own risk.

Refrensi :

  1. http://stackoverflow.com/a/25453847
  2. http://www.kaskus.co.id/post/556e8b7c925233fd078b4574
  3. https://www.digitalocean.com/community/tutorials/how-to-use-apachebench-to-do-load-testing-on-an-arch-linux-vps