Menggunakan DNS CloudFlare

Fitur Cloudflare Fitur Cloudflare

Cloudflare adalah perusahaan penyedia layanan CDN dan DNS untuk mengoptimalkan sebuah website. Cloudflare menyediakan fitur gratis bagi pemilik website, terutama bagi website dengan trafik yang tinggi. Pada panduan kali ini akan dibahas mengenai pemanfaatan DNS cloudflare sebagai dns server untuk pointing domain ke IP VPS.

Daftar Cloudflare

Untuk mendaftar silakan mengunjungi link berikut ini https://www.cloudflare.com/a/sign-up lalu isikan form pendaftaran. Jika sudah medaftar sebelumnya, silakan login ke akun CloudFlare.

Pendaftaran CloudFlare Pendaftaran CloudFlare

Tambah Domain ke CloudFlare

Setelah registrasi berhasil, kita akan diarahkan ke menu tambah domain atau bisa juga dengan klik menu Add Site yang berada di pojok kanan atas. Masukkan nama anda (FQDN) tanpa www atau subdomain, misal saya punya domain www.sucipto.dev maka saya akan menambahkan di cloudflare sucipto.dev saja.

Tambah website CloudFlare Tambah website CloudFlare

Klik Begin Scan untuk melanjutkan. Jika domain anda sudah terdaftar pada name server (DNS Server) lain maka cloudflare akan melakukan import dari server sebelumnya. Klik continue setup jika proses scan selesai.

Hasil Scan Hasil Scan

Jika sebelumnya kita sudah melakukan pointing name server ke server sebelumnya, maka pengaturan akan tampak seperti di atas. Jika belum kita perlu menambahkan satu per satu DNS record di cloudflare.

Menambahkan Record DNS Server

Record dns server harus kita isi agar domain dapat mengarah ke VPS atau server kita. Hal yang perlu kita tambahkan antara lain.

  1. A Record : Record yang isinya ip vps kita. Ini yang mengatur domain utama kita misalkan sucipto.net akan di berikan alamat ip sesuai yang kita inputkan di A Record.
  2. CNAME Record : Record yang merupakan alias dari domain utama. CNAME adalah alias, bisa kita gunakan untuk subdomain, misalkan www.sucipto.net adalah alias dari sucipto.net. Untuk sebuah website, minimal memiliki dua record diatas. Untuk menambahkanya dengan cara seperti contoh dibawah ini.

Menambah A Record

Screenshot from 2015-08-18 08-14-44 Klik Continue untuk melanjutkan.

Pilih Plan

Selanjutnya kita memilih Plan, untuk saat ini saya menggunakan Free Plan karena sudah mencakup kebutuhan saya.Free Plan

 

Ubah Name Server di Domain

Selanjutnya, kita akan diminta mengubah name server pada pengaturan domain kita. Silakan login ke pengaturan domain kita (NameCheap, Name.Com, atau penyedia lainya). Ubah sesuai yang diminta cloudflare, sebagai contoh silakan lihat gambar dibawah ini.

Nameserver CloudFlare

 

Selanjutnya kita tinggal menunggu perubahan DNS pada domain kita, biasanya memakan waktu antara 5 menit sampai 24 jam. Jadi bersabarlah.