Optimasi Blog di CloudFlare

Dengan cloudflare kita bisa mengoptimasi blog kita menggunakan CDN, Caching dan FIrewall secara gratis. Cloudflare sendiri juga menyediakan layanan pengamanan dari DDoS, jadi website kita jauh lebih aman.

Untuk membuat akun dan cara menambahkan domain ke cloudflare, silakan baca artikel sebelumnya disini. Selanjutnya kita akan membahas beberapa konfigurasi di CloudFlare agar blog kita lebih kencang.

Pertama, silakan login ke akun cloudflare dan masuk ke pengaturan domain dengan memilih salah satu domain yang sudah terdaftar di cloudflare sebelumnya. Dan dibawah ini adalah contoh menu di CloudFlare jika anda kurang familiar.

Menu Cloudflare

Optimasi DNS

Masuk menu DNS kemudian pastikan A Record dan CNAME sudah on di cloudflare, cara membedakanya dengan melihat ikon pada kolom status.

Ikon Status CloudFlare

Pastikan sudah berwarna oranye (on), jika masih abu abu (off) nyalakan dengan klik ikon tersebut hingga menjadi oranye.

Optimasi Security

Setting Security CloudFlare

Pada pengaturan Security pilih Essentially Off supaya tidak terlalu ketat securitynya, sehingga visitor tetap nyaman saat berkunjung di website kita. Soalnya kalau pengaturan security terlalu tinggi, terkadang visitor akan dimintai Chaptcha saat mengakses situs kita.

Cloudflare juga dapat menghemat resource server kita, karena semua akan di caching oleh cloudflare sehingga kita tidak perlu repot repot memasang plugin caching di website kita (misal: wordpress).

Saya kira dua pengaturan diatas sudah cukup membantu optimasi website di server / vps kita. Silakan bandingkan dengan saat menggunakan cloudflare vs tanpa menggunakan cloudflare.