Menggunakan Simple Password di Fedora

Pada tanggal 27 Mei saya migrasi Operating System laptop saya ke fedora. Bukan tanpa alasan, karena ubuntu tidak cocok dengan hardware saya, masalah di brightness yang reset menjadi 100% setelah rebot, sangat menggangu. Walaupun bug tersebut sudah dilaporkan di bug report, tetapi sampai rilis terbarunya bug tersebut masih tetap ada.

Akhirnya saya memutuskan untuk mencari distro yang cocok untuk saya, kebetulan saya tertarik dengan Desktop Environmen GNOME 3. Dan setelah mencari cari, salah satu distro yang secara default DE nya GNOME 3 adalah fedora, walaupun Debian juga GNOME 3, tapi masih menggunakan GNOME lawas saat itu, sedangkan fedora sudah menggunakan GNOME 3.16. Karena di GNOME versi 3.16 sudah memiliki fitur yang membuat saya tertarik.

Pada Saat installasi fedora, kita akan diminta membuat password, dan sayang sekali di fedora tidak di ijinkan menggunakan password yang sederhana atau simple secara default, sedangkan biasanya saya hanya menggunakan beberapa huruf saja untuk password komputer. Bayangkan saja, password yang saya buat sesuai permintaan fedora installer adalah : indonesiaraya. Terlalu panjang, awal awal saya tidak keberatan dengan password tersebut, tetapi lama kelamaan sebel juga kalau salah ketik atau typo, harus mengulang password yang panjang.

Pada akhirnya, tadi saya mencoba mengganti password dengan terminal menggunakan perintah passwd. Tapi tetap gagal. Hasilnya seperti ini

Dan tadi saya menemukan pertanyaan yang sama di ask fedora, dan berikut ini solusinya.

Buka Teriminal kemudian ketik

Kesalahan saya, pada saat memanggil perintah tidak menggunakan super user atau sudo. Setelah mencoba dengan perintah diatas, akhirnya berhasil.

Begitulah Cara Menggunakan Simple Password di Fedora dan akhirnya password komputer saya bisa menggunakan hanya beberapa digit saja. Alhamdulillah.

Refrensi :

  1. https://ask.fedoraproject.org/en/question/65961/how-do-i-use-simple-passwords/?answer=53091#post-id-53091