Cara Mengaktifkan ModemManager di Fedora

Sempat bingung karena di fedora, saya menancapkan usb modem tidak ada menu untuk dial seperti pada distro linux sebelum sebelumnya yang pernah saya pakai. Tapi itu bukan masalah penting buat saya, karena saya keseharian menggunakan router tplink dan modem saya dial melalui router tplink tersebut. Tetapi ada saatnya saya tidak bisa membawa router tersebut dan mengharuskan menggunakan modem langsung ke laptop.

Beberapa waktu lalu saya mendapat info dari kang RISQI NUR ASSYAUFI bahwa memang secara default modem manager di fedora adalah disabled, kita harus meng enable service tersebut. Berikut ini adalah langkah langkah untuk meng enable modem manager di fedora, pada kali ini saya menggunakan fedora 22.

Start service ModemManager

Untuk enable service modem manager, buka terminal dan ketikkan perintah di bawah ini.

Setelah kita menyalakan service ModemManager maka saat modem anda terdeteksi, akan muncul Mobile Connection di bagian pojok kanan atas (apabila menggunakan GNOME 3.x). Atau dapat juga diakses melalu menu Setting > Network.

Enable service ModemManager (Autostart)

Lalu langkah kedua adalah membuat service ModemManager jalan ketika komputer menyala, langkah ini opsional. Jika anda lebih sering menggunakan modem langsung ke laptop, lebih baik di nyalakan ketika komputer menyala.