Tools ini Wajib Kamu Coba Untuk Mulai Belajar Arduino

Sejak saya kecil saya memiliki cita cita membuat robot, hingga saat ini masih suka utak atik barang elektronik dan komputer. Lebih tepatnya saat ini saya condong ke software, dan beberapa waktu yang lalu mulai merambah hardware semenjak populernya raspberry pi dan arduino. Menurut wikipedia arduino adalah sebuah mikrokontroler single board (open source / hardware) yang di rancang untuk mempermudah pengendalian elektronik dalam berbagai bidang.

Arduino sendiri tergolong murah, harganya berkisar 100 ribu dengan berbagai jenis boardnya, dan mudah di dapatkan di toko online di indonesia seperti tokopedia, jaknot dsb.

Untuk memperlajari arduino, kamu tidak harus membeli board arduino dan segala pernak perniknya. Dengan tools ajaib yang akan kita bahas ini kamu bisa merangkai  proyek prototipe dengan mudah. Tools ini disediakan oleh Circuits.io secara gratis, tapi juga terdapat membership premium.

Circuits.io Circuits.io

Berikut ini hal yang dapat kamu lakukan menggunakan tools gratis ini.

Merancang Rangkaian

Dengan circuits.io kamu tidak perlu repot repot membeli komponen elektronik yang akan digunakan untuk proyek kamu, cukup menggunakan tool designer kamu sudah bisa menuangkan ide kamu disini.

Merancang Rangkaian Merancang Rangkaian

Simulasi Rangkaian

Dengan tools ini, rangkaian kamu dapat di uji coba langsung tanpa menggunakan komponen asli. Jadi kamu dapat dengan mudah menguji rangkaian kamu apakah sudah bisa berfungsi dengan baik atau tidak tanpa takut ada komponen yang terbakar / meledak karena salah hitung voltase atau salah rangkai. Keren kan?

Simulasi Rangkaian Simulasi Rangkaian

Simulasi Kode Program

Bahkan simulasi kode program Arduino pun bisa dilakukan disini, dengan begini kamu bisa meminimalisir kerusakan arduino maupun komponen elektronik yang kamu pakai karena kode program dapat di test dulu di sini.

Simulasi Kode Program Simulasi Kode Program

Share Design

Karena tools ini web based dan online, kita bisa membagikan hasil rancangan dan kode program kita ke teman teman atau semua orang di internet. Orang yang tertarik dengan project kita bisa menyalin design yang sudah kita rancang untuk mereka pelajari maupun mereka gunakan. Jangan kuatir karya kamu dicuri dengan semena mena, pada pengaturan project kamu bisa memilih lisensi dari design yang kamu buat. Contoh hasil belajar saya dapata dilihat disini.

Share Design Share Design

Nah, gimana? mulai tertarik?

Untuk menggunakan tools tersebut kamu harus mendaftar terlebih dahulu, jangan khawatir, gratis kok. Sementara ini dulu, untuk contoh tutorial arduino menyusul di postingan berikutnya. Selamat belajar mikrokontroler arduino.