Cara install OpenVPN di DigitalOcean

Inject iklan dari provider *L membuat saya merasa terganggu, bagaimana tidak, saya menggunakan operating sistem linux yang notabene harus mengunduh aplikasi melalui repository, sedangkan untuk mengupdate repository khususnya di opensuse menggunakan file XML, dan sayangnya provider *L yang identik dengan warna biru itu turut melakukan inject skrip iklan di file XML. Seabagai pelanggan saya merasa dirugikan, toh saya juga membayar untuk menggunakan koneksi internet mereka, tidak dengan cara yang ilegal.

Beberapa solusi sudah saya coba, dan masih banyak kekurangan di sana sini. Salah satunya saya menggunakan zenmate, tapi saya tidak puas, terkadang masih terselip iklan dari *L. Saya mencoba membuat proxy dengan squid3 di VPS, tapi iklan masih lolos. Dan akhirnya kepikiran untuk membuat VPN menggunakan OpenVPN. Saya mencari tutorial di mana mana, setelah mencoba dengan cara manual, dan gagal. Akhirnya saya putuskan mencari script auto install OpenVPN, dan akhirnya ketemu. Berikut ini langkah langkah saya membuat OpenVPN di DigitalOcean.

Membuat sebuah VPS di DigitalOcean

Langkah pertama adalah membuat VPS di DigitalOcean (Atau pakai vps yang lain), kalau belum punya silahkan daftar disini (https://cloud.digitalocean.com/registrations/new).  Untuk langkah langkah mendaftar dan membuat vps tidak akan saya cantumkan disini.

Pada saat menulis tulisan ini, saya menggunakan spesifikasi server sebagai berikutini:

Install OpenVPN server

Kali ini saya tidak akan menggunakan cara manual untuk menginstall OpenVPN, tapi menggunakan script installer dari https://github.com/Nyr/openvpn-install supaya lebih mudah. langkah langkahnya sebagai berikut :

  1. Login ke VPS menggunakan user root
  1. Pastikan sudah terinstall wget,
  1. Jalankan perintah openvpn-installer wget git.io/vpn –no-check-certificate -O openvpn-install.sh && bash openvpn-install.sh
  2. Ikuti step step yang muncul pada installer tersebut. (Tadinya saya punya caputer output installernya, tapi gara gara mati lampu, historynya hilang :( )
  3. Setelah installasi selesai, file konfigurasi dengan ekstensi *.ovpn akan berada di folder root, silahkan download file tersebut menggunakan winscp, filezilla, atau scp.

Sambungkan OpenVPN di Client

Di linux kita perlu mengunduh openvpn terlebih dahulu untuk menggunakanya.

Untuk menggunakanya, dengan perintah seperti berikut ini

sudo openvpn –config namafilekonfigkamu.ovpn

Untuk memastikan sudah tersambung dengan OpenVPN bisa melihat di situs ini, http://whatismyipaddress.com/ atau https://www.iplocation.net/find-ip-address

Contoh Punya saya menggunakan VPS di singapura, maka ip yang terdetect di situs tersebut adalah IP singapura.

Screenshot from 2016-02-06 10-49-54

Sekian dan terimakasih.