Berkah Ramadhan 1437 H

Alhamdulillah saya masih diberi kesempatan berjuma kembali dengan ramadhan tahun ini. Dan pada ramadhan kali ini saya mendapati suasana yang berbeda daripada 3 tahun terakhir (baca juga ini) karena saya sejak awal april bekerja di rumah. Ya saya secara resmi menjadi pengangguran sukses semenjak bulan april. Semenjak saat itu saya bisa lebih fokus untuk jalan jalan mengasah skill koding saya, terutapa di bidang Mobile Development (Android). Dan berikut ini adalah 2 buah karya selama saya bertapa di kamar saya :

Smart Home

Aplikasi ini dibuat karena ada Challenge yang di selenggarakan oleh Dicoding.Com dan XL Axiata yang sedang mempromosikan platform IoT terbarunya yaitu agnosthing.com. Dan alhamdulillah hari ini diumumkan bahwa aplikasi yang saya ikutsertakan memenangkan challenge tersebut, walaupun pemenangnya berjumlah 10 ya lumayan lah, udah menang. Pada history GIT project saya start tanggal 25 April 2016 dan terakhir commit tanggal 10 Mei 2016 namun commit yang tercatat ada 7, ya mungkin hari efektif yang saya gunakan untuk membuat aplikasi ini sekitar 1 minggu lebih. Saya mengerjakan semuanya sendiri dari sisi koding, untuk design asset (gambar logo,icon,dll) di bantu oleh rekan saya Andree C.Y . Aplikasi dapat dilihat di Google Play Store.

NB: Untuk juara satu dari challenge ini masih belum ditentukan dan 10 aplikasi pemenang challenge ini akan masuk nominasi kembali untuk memperebutkan best app (baca blog dicoding), mohon doa restunya supaya aplikasi ini bisa memenangkan juara 1. Aamiin.

Catatan Ramadhan

Semenjak tahun lalu, saya dan andre ingin membuat aplikasi berbau ramadhan, mungkin karena tahun lalu terlalu sibuk dan skill yang kami miliki masih pas pasan jadi misi tersebut masih belum terealisasi. Pada kesempatan ramadhan kali ini , kebetulan saya menganggur dan ide tersebut muncul kembali, ditambah Dicoding mengadakan challenge kembali yang bertemakan Ramadhan juga, kebetulan sekali. Aplikasi ini saya buat menggunakan layanan pihak ke-tiga yaitu FIrebase untuk database, analytic, crash report dan notification. Berdasarkan history GIT, project ini dimulai tanggal 17 Mei 2016 dan berakhir 04 Juni 2016 (Rilis pertama ke playstore) dan perkiraan waktu efektif adalah 16 hari / 2 minggu lebih (dengan asumsi tidak seharian full koding). Aplikasi ini juga saya kerjakan sendiri dari sisi koding, dan assetnya di urus oleh Andree C.Y. Aplikasinya dapat di unduh di Play Store.

Sebenarnya ada beberapa project lainya yang saya kerjakan, namun sifatnya masih dalam tahap belajar. Dan sampai di sini saya masih belajar, belajar dan belajar. Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga bertemu di ramadhan tahun depan.