Menggunakan PHP Built in Web Server di Local Development

Semenjak PHP versi 5.4.0 PHP CLI sudah memiliki fitur yang keren, yaitu built-in web server. Apakah itu built in web server?. Fitur ini memungkinkan kita menjalankan aplikasi PHP tanpa harus menginstall web server seperti Apache2 ataupun nginx. Cukup menginstall MySQL / MariaDB server dan PHP saja kita bisa menjalankan aplikasi di komputer kita. Untuk bisa menggunakan fitur ini, kamu harus sudah menginstall PHP CLI terlebih dahulu di komputer kamu. Untuk mengetes apakah PHP CLI sudah terinstall di komputer kamu bisa menjalankan perintah php -h di terminal atau konsole (Jika belum, silahkan install terlebih dahulu sesuai sistem operais masing masing di linux fedora nama paket untuk php cli adalah php-cli, di distro lain mungkin berbeda seperti ubuntu namanya php5-cli). Sehingga akan muncul bantuan / help dari PHP Cli, dan kamu bisa menemukan parameter seperti ini :

Nah, itulah parameter ajaib yang akan kita gunakan untuk menjalankan Built-in web server di PHP CLI. Sebagai contoh saya ingin menjalankan wordpress di komputer saya, untuk menjalankanya maka saya mengikuti langkah langkah berikut ini:

  1. Buka terminal
  2. Masuk ke directory web root / public directory aplikasi kita Contoh: file wordpress saya berada di folder /home/sucipto/dev/wordpress Maka saya akan masuk ke folder tersebut dengan
  1. Setelah masuk ke folder web root, jalankan perintah dengan parameter di atas tadi
  1. Sehingga muncul pesan verbose seperti contoh dibawah ini
  1. Untuk berhenti gunakan keyboard shortcut Ctrl+C Semoga artikel ini bisa membuat anda lebih fokus ke development daripada pusing memikirkan konfigurasi web server. Happy Coding !!