Cara Restart MiFi Andromax M2Y Tanpa Tombol

Dua minggu yang lalu saya tertarik untuk berganti perangkat untuk koneksi internet karena operator yang saya gunakan sering trouble dan di banjiri dengan inject iklan pada laman yang kita kunjungi. Setelah melakukan beberapa survey sinyal, akhirnya saya memutuskan untuk membeli MiFi Andromax M2Y untuk mengakses jaringan 4G Smartfren. Walaupun sebelumnya koneksi evdo di desa saya sangat tidak layak, namun saya rasa untuk 4G akan lain rasanya. Intermezzonya jangan banyak banyak, yuk lanjut ke poin utamanya.

Walaupun koneksi lumayan stabil dan kenceng, namun MiFi smartfren ini memiliki kelemahan, yakni sering Disconnect sendiri. Walaupun kondisi MiFi Smartfren sudah saya beri kipas pendingin, namun kejadian random disconnect ini masih sering terjadi, walaupun berkurang (setelah di beri kipas pendingin). Salah satu solusi yang sampai saat ini saya ketahui adalah dengan cara melakukan reboot / restart atau mematikan dan menyalakan kembali MiFi Andromax M2Y tersebut. Dan repotnya lagi, MiFi saya ini hanya mendapatkan sinyal saat ditaruh di ketinggian, jadi saya taruh pada papan yang saya tempelkan di dinding yang cukup tinggi. Sehingga akan repot sekali apabila harus merestart menggnunakan tombol on/of yang ada pada perangkat MiFi tersebut.

Beberapa hari lalu, saya utak atik MiFi Smartfren ini dan menemukan setting yang membutuhkan restart pada saat menerapkan perubahan pengaturan. Jadi saya manfaatkan ini untuk me-reboot MiFI Andromax M2Y tanpa harus memencet tombol on/of yang ada pada perangkat tersebut. Caranya sebagai berikut:

Melalui Browser

  1. Pada addressbar browser kamu, ketikkan 192.168.1.1 dan tekan enter.
  2. Klik menu Admin dan masukkan username dan password, defaultnya user: admin password: admin.
  3. Kemudian masuk menu Storage Setting
  4. Storage mode silahkan ubah menjadi WiFi Storage atau Local Storage.
  5. Akan muncul pertanyaan “Device will be reboot to effect, Do you want to Continue?” Pilih Yes
  6. Modem akan reboot, yay.

Melalui Aplikasi Android

  1. Stepnya sama seperti diatas.
  2. :D Semoga catatan ini bermanfaat bagi kawan kawan semua, Salam.