Belajar iOS Day 2 : Membuat layout

Hari kedua saya mempelajari bagaimana membuat layout untuk aplikasi kita nantinya. Kalau di android hampir sama membuat layout yang berupa XML. Kalau di sini menyebutnya StoryBoard. Hari ini saya baru membaca 1 section dari tutorial keseluruhan, yaitu

Build a Basic UI

screen-shot-2016-09-15-at-21-27-42Jika pada section sebelumnya kita hanya mencoba code di playground, pada section ini kita ditunjukan cara membuat project di XCode, tentunya di ikuti dengan tutorial layouting. Sedangkan untuk menghubungkan layout kita dengan code, akan dibahas pada section selanjutnya.

Pada tutorial dasar ini, kita akan dikenalkan dengan constrain layout. Sedangkan di android sendiri, fitur constrain layout akan ada juga pada versi android studio selanjutnya, untuk saat ini masih dalam pengembangan (sudah masuk Release Candidate).

Di XCode juga sudah terdapat iPhone simulator, entah ini sistemnya sama dengan android (emulator) atau tidak, yang jelas, rasanya lebih kencang dan gegas simulator iPhone milik XCode ini.

Di hari berikutnya kita akan mempelajari bagaimana memberi event handler pada tombol, enter key, dan lain sebagainya. Mari melanjutkan membaca tutorialnya.

Sampai jumpa di postingan selanjutnya.