Mulai Belajar Develop iOS dengan Swift

Mempelajari pemrograman untuk membuat aplikasi ios merupakan sebuah keinginanku sejak dulu semenjak aku mempelajari pemrograman android. Di iOS bahasa pemrogramanya menggunakan objective C, sedangkan android menggunakan Java. Namun sekarang apple mulai menyarankan menggunakan bahasa Swift untuk membuat aplikasi di platform mereka, termasuk iOS.

Saya perjelas dulu, tulisan ini bukan tutorial, hanya catatan saja untuk diri saya pribadi. >

Ok, sip. Tadi malam saya mulai membaca halaman dokumentasi untuk membuat aplikasi iOS menggunakan Swift, lalu mempraktekkanya di XCode playground. XCode playground ini adalah tempat kita main main untuk belajar pemrograman tanpa harus membuat project langsung, ini sangat berguna untuk memulai belajar pemrograman dengan Swift.

Untuk membuat aplikasi iOS kita harus menggunakan XCode, IDE nya Apple untuk membuat aplikasi mereka, kalau di android ini semacam Android Studionya, tempat kita menulis kode, membuat layout, meng-compile, dsb. Namun sayang sekali XCode hanya ada di platform sistem operasi MacOS / OSX, jadi selain syarat punya XCode, syarat utamanya adalah memiliki komputer bersistem operasi macOS / OSX. Dan macOS / OSX yang resmi hanya di bundle pada perangkat produk Apple, jadi intinya kalau mau membuat aplikasi iOS harus beli product Apple yang harganya selangit. Ah kampret sekali taktik Apel ini,hiks. *Terkecuali kamu punya komputer spek bagus dan di install H**kcintosh.

Oke, jika kamu ketemu tulisan ini karena mencari tutorial pemrograman iOS, silahkan baca baca dokumentasi resmi dari apple berikut ini.

Start Developing iOS Apps (Swift)

Sampai tulisan ini terbit, saya baru membaca Section Getting Started saja, mungkin nanti malam lanjut untuk section berikutnya.