Ganti ROM Mokee 60.1 (Marshmallow) di Redmi 2

Saya akan berbagi sedikit cerita tentang Ponsel xiaomi redmi 2 saya yang baru saja di install ulang dari Miui 8 (Masih Kitkat 4.4.x) menjadi Marshmallow (6.0.x). Kejadian bermula kemarin iseng iseng waktu istirahat dikantor browsing ke forum miui lalu milih subforum Device (Redmi 2) dan section ROM. Disitu berseliweran banyak yang share ROM mulai dari CM, Mokee, dll. Kebetulan saya dulu pernah pakai Mokee, dan cukup puas dengan racikan ROM nya. Keisengan berlanjut mengunjungi situs download.mokeedev.com lalu cari device saya, eh udah ada versi release nya.

Tanpa pikir panjang saya langsung unduh, ukuran file ROM nya sekitar 400 an MB. Lalu saya unduh juga TWRP sebagai custom recovery nya.

Sedikit tips sebelum menginstall ulang ROM:

  1. Backup
  2. Backup
  3. Backup
  4. Backup Hahaha. Ya memang backup itu sangat perlu sekali, dulu pernah kejadian sewaktu hobby icip icip ROM tanpa backup dan installasinya gagal, bisa galau seminggu.

Hal yang perlu dibackup sebelum install ROM

1. Contact

Contact atau nomor handphone sangat penting sekali, bahkan orang yang hp nya dicuri tak jarang mengucapkan seperti ini “HP nya gak seberapa sih, yang penting kontaknya itu lho”. Tapi lain cerita kalau sudah tersinkron dengan Google Contact, tidak perlu backup lagi.

2. Whatsapp, SMS

Whatsapp kalau ada chat penting sebaiknya di backup, tidak seperti Messenger sebelah (Telegram) yang sudah otomatis tersimpan di Cloud, jadi gonta ganti HP pun gak masalah dan gak kuatir kehilangan histori chat. SMS jangan lupa juga kalau ada yang penting.

3. Aplikasi / Game

Bagi yang punya kuota minim, sebaiknya backup aplikasi (apk) yang sudah terinstall, daripada mengunduh lagi dari playstore kan bisa hemat beberapa MB kuota. Biasanya saya backup pakai aplikasi ES File manager.

4. Notes

Biasanya sering kelupaan backup ini, di xiaomi ada aplikasi notes, bisa sync sih dengan MiCloud, tapi Mi Notes itu tidak bisa diinstall di OS selain MIUI, jadi sebaiknya di backup dulu. Atau pakai Google Keep saja, biar bisa sync kemana mana. Atau pakai buku binder juga boleh.

5. Full ROM Backup

Kalau ini hukumnya wajib kalau saya, Full ROM Backup itu hanya bisa dilakukan dengan TWRP atau CWM. Jadi yang di backup seluruh partisi system dan data. Apabila install ROM Gagal, bisa di restore dan OS bisa kembali seperti semula.

Step Step saya ganti ROM Miui 8 menjadi Marshmallow

  1. Unduh ROM (Link di atas tadi)
  2. Unduh GAPPS Pico (Googling keyword “Opengapps”)
  3. Unduh TWRP (Googling TWRP Redmi 2 / Cari di forum MIUI)
  4. Reboot Ponsel ke mode Fastboot (Dengan mematikan HP lalu menyalakan dengan menekan tombol vol down + power)
  5. Flash TWRP
  1. Full Backup System (Lumayan lama ini)
  2. Factory Reset (Jangan wipe data, nanti foto2 di internal memory ikutan terhapus, cukup factory reset saja)
  3. Install ROM
  4. Install GAPPS
  5. Reboot
  6. Done Sementara masih betah di Mokee 60.1 atau Android Marshmallow. Karena gemes aja nungguin update MIUI 8 versi Lolipop atau Marshmallow untuk Redmi 2 kelamaan (atau mungkin gak bakal dapat update resmi). Sebenarnya moke sudah ada yang versi android N (Nougat) tapi masih belum versi final / release.