Belajar Bareng di IAK Batch 2

Tahun lalu, saya iseng mendaftar program Indonesia Android Kejar (Sebagai Fasilitator) yang diselenggarakan oleh Google indonesia bekerja sama dengan pemerintah. Ada banyak hal yang saya pelajari dan tentunya dibarengi dengan pengalaman baru.

Berbicara didepan orang banyak bagi saya masih merupakan hal yang membuat deg deg an, gogrok grogi dan bisa menyebabkan keluar keringat dingin. Apalagi sebagian besar peserta di kelompok belajar saya adalah mahasiswa (Sepertinya sih semuanya mahasiswa). Tapi untung saja acara selama dua hari tersebut bejalan dengan lancar, walaupun ada kendala kendala kecil yang masih bisa diatasi.

Sebelum menyampaikan materi sebagai fasilitator, saya, fasilitator lainya dan peserta wajib menyelesaikan kursus online di Udacity. Disitulah saya menemukan hal hal dasar dalam programming android yang sebagian belum saya ketahui. Contohnya, penggunaan relative layout, dulu saya sangat jarang sekali menggunakan Layout ini, tapi sekarang setelah tahu lumayan detail jadi sering menggunakan RelativeLayout.

Pada hari kedua, setelah materi selesai saya meminta kepada seluruh peserta untuk bercerita tentang KeJar (Kelompok Belajar) kita. Pencapaian pencapaian apa yang sudah didapat, dan kendala apa saja yang dialami. Secara garis besar, kendala yang dialami oleh peserta adalah Hardware atau Laptop untuk ngoding android. Memang sih, bagi saya hal itu juga masih menjadi kendala, karena untuk ngoding android butuh spesifikasi laptop / pc yang lumayan.

Kendala lainya, mayoritas peserta masih tidak terbiasa dengan kursus online seperti udacity, karena alasan bandwith maupun bahasa (inggris), tapi sekarang udacity sudah bisa bahasa indonesia.

Bahasa pemrograman Java juga masih dianggap sulit bagi peserta yang baru belajar pemrograman android. Karena memang, peserta yang ada di kelas saya mayoritas bukan mahasiswa IT / yang berhubungan dengan Programming. Walaupun begitu semua sangat antusias mengikuti kelompok belajar ini.

Pada akhir acara, para fasilitator dan peserta terpilih mendapat oleh oleh dari Google (I’m not sure about that).

fasilitator-indonesia-android-kejar-batch-2

Saya ditengah yang pake sendal :p. kaosnya disponsori oleh DigitalOcean dan Github (Hacktoberfest) :D. Sumber gambar dari chromeplex.

Dan kemarin baru saja dapet email bahwa sertifikat sudah terbit, penampakanya seperti dibawah ini.

screenshot-from-2017-01-20-07-41-05

Tapi sertifikatnya dalam bentuk file PDF yang mungkin tidak akan bisa kepakai buat digadaikan. :D