Membuat Horizontal Scrolling Card di Android

Pengguna android pasti sudah familiar dengan tampilan Google PlayStore yang terbaru, terdapat card dengan gambar yang bisa di scroll horizontal. Nah kebetulan saya lagi nyoba bikin aplikasi dengan fitur seperti itu. Saya ingin membuat Beberapa card yang terkelompokkan berdasarkan kategorinya, solusinya menggunakan nested RecyclerView, seperti apa itu?

Entah bener atau tidak saya menyebutnya begitu, Nested RecyclerView.

Nested RecylerView adalah RecyclerView didalam RecylerView, bingung gak?. Biar gampang memahaminya, jadi gini. Saya mempunyai data beberapa kategori, di dalam masing masing kategori tersebut memiliki beberapa item. Saya menampilkan data kategori dengan RecyclerView dengan posisi Vertical (naik / turun) sedangkan masing masing item setiap kategori saya tampilkan menggunakan RecyclerView pula dengan orientasi Vertikal (kanan/kiri), kira kira seperti itu lah.

Sebelumnya saya mencari cari library, biar gak repot gitu. Eh ternyata belum banyak yang bikin library kayak gitu, nemu satu tapi kok tidak bisa bebas custom seperti kemauan kita sendiri. Akhirnya saya menemukan tutorial bagus oleh bang Ruben Sousa, saya mengikutinya dan wow, berhasil.

Contoh kasar aplikasi saya dengan data dummy

Tidak hanya itu, pada tutorial bang ruben tersebut juga sudah lengkap dengan efek snap, misal kita scroll item dari recyclerview tidak pas di tengah, maka secara otomatis akan ter-snap atau menempel jadi pas di tengah. Sebenarnya tutorial bang ruben lebih fokus ke snap helper nya sih, tapi saya jadi belajar dari situ, hehe 😅.