OpenSUSE Tumbleweed salah deteksi Driver VGA

Kemarin malam saya melakukan install ulang laptop saya menjadi OpenSUSE Tumbleweed yang sebelumnya adalah Solus versi GNOME. Tumbleweed merupakan seri OpenSUSE yang Rolling Release, Jadi tidak perlu install ulang lagi maupun upgrade untuk naik versi jika ada rilisan terbaru. Rolling Release naik versinya bisa setiap hari, tidak ada jadwal rilis yang tetap seperti Ubuntu maupun Fedora.

Setelah installasi selesai, saya langsung melakukan installasi codec agar bisa memutar video maupun audio. Hal ini umum dilakukan setelah installasi Distro Linux karena kebanyakan distro linux tidak memasukkan codec secara default terkait masalah lisensi.

Setelah semua selesai, ada satu yang aneh, saat memutar video terjadi lag / glitch / patah patah. Setelah saya telusuri, ketemu keanehan lagi. VGA saya terdeteksi menjadi Gallium 0.4 on llvmpipe padahal biasanya IntelĀ® Ivybridge Mobile.

Setelah browsing sana sini akhirnya ketemu solusinya, yakni harus melakukan installasi driver Intel secara manual.

sudo zypper in xf86-video-intel

Setelah paket terinstall, kemudian reboot. Setelah itu, sudah normal kembali untuk play Video di player komputer maupun di browser (Youtube, etc).