Tradisi Ramadhan Masa Kecil

Marhaban Ya Ramadhan. Selamat datang kembali bulan suci Ramadhan, mari senantiasa bersyukur kita telah dipertemukan kembali dengan bulan yang penuh berkah dan semoga kita masih diberi kesempata berjumpa lagi dengan bulan Ramadhan di tahun depan, aamiin.

Sedikit bernostalgia, berikut ini adalah beberapa hal yang ada di bulan ramadhan di masa kecilku.

Tradisi Megengan

Biasanya malam sebelum sholat tarawih pertama, selepas adzan maghrib pasti mengadakan acara megengan dengan membawa makanan atau biasa disebut Berkat kemudian berdoa bersama dan mengucap rasa syukur telah dipertemukan kembali dengan bulan ramadhan, diikuti dengan makan bersama di musholla / langgar.

Petasan

Mungkin di beberapa daerah lainya juga sama, bulan ramadhan identik dengan petasan. Entah kenapa musim petasan hanya ada di bulan ramadhan, mungkin untuk mengusir setan di bulan ramadhan, haha. Seperti anak kecil lainya, dulu saya juga suka main petasan. Di desa saya namanya “Lombok empling”, sejenis petasan sebesar 2x lidi dengan panjang sekitar 5cm. Harganya juga relatif murah, dulu sekitar 500 sudah dapat banyak. Bahkan dulu diwaktu saya masih berumur sektiar 10 tahun, petasan lebih besar dari “Lombok empling” tadi, petasanya juga bikin sendiri, terbuat dari kertas bekas yang digulung sendiri dan “Obat” / mesiu nya ada yang jualan sendiri, kalau yang besar begini disebut Mercon. Ukuranya bisa mencabai 1 ember cat kecil.

Long

Entah nama nasionalnya apa, ini mainan juga dibuat ketika bulan ramadhan saja. Yakni meriam bambu dengan bahan peledak karbit. Biasanya dibunyikan saat ngabuburit atau menjelang berbuka puasa.

Tarawih

Sholat tarawih menjadi momen yang paling menyenangkan kala itu (sekarang masih juga sih) karena pada bulan ramadhan masjid masjid jadi lebih ramai, haha.

Tadarusan & Takjil

Selepas sholat isya di mushola atau masjid pasti ada tadarusan, dan tentu saja disana banyak takjilan atau makanan gratis. Takjilan ini diberikan oleh warga kampung sekitar dengan jadwal yang telah dibuat diawal ramadhan.

Jalan Jalan Setelah Subuh

Entah sejak kapan hal ini dimulai, biasanya dibulan ramadhan banyak yang jalan sehat pagi pagi selepas subuh. Biasanya juga banyak anak anak yang main petasan juga. Tapi saya sudah tidak pernah jalan jalan selepas subuh semenjak sekolah SMK. Karena ya emang yang lebih banyak anak anak kecil dan waktu itu sudah merantau ke ngawi.

Mencari Jangkrik

Sekitar seumuran waktu SD, selepas tarawih biasanya anak anak banyak yang pergi ke sawah untuk mencari jangkrik. Biasanya jangkrik digunakan untuk mengusir tikus di rumah haha.

Begitulah, masa masa kecil adalah masa yang menyenangkan. Apalagi dibulan ramadhan :D