Mencoba Memaketkan gKamus ke AppImage [Fail]

Saya penasaran aplikasi gKamus (yang sudah di fork ke github BGLI) apakah bisa dipaketkan menjadi AppImage. Karena aplikasi gKamus sangat cocok dipaketkan menjadi AppImage dan menjadi aplikasi portabel. Sayang sekali, dalam eksperimen kali ini masih gagal :(. Terkendala pada file resource *.ui dan database masih di hardcode ke install dir.

Mungkin perlu sentuhan di codenya, hal yang mungkin dilakukan adalah membuat pembacaan file *.ui dan databse menjadi dinamis berdasarkan working directory. Atau pendekatan kedua menggunakan GResource, saya belum cukup banyak tahu tentang ini, kalau melihat proyek template Gnome Builder GResource melakukan bundle asset / resource ke dalam binari yang di kompile (lihat contoh file gresource). Dan juga, di Qt juga ada hal semacam itu, dan bisa dilihat pada proyek KBBI QT.

Tulisan ini ditulis pada 2019-04-26 namun saya ganti publish datenya, supaya rapi. Tadinya mau ditulis jadi 1 post untuk rekap dari januari sampai maret, tapi sepertinya kepanjangan. Jadinya, biar rapih dan tidak terlalu sesak saya pisah tulisanya.