Email Gratis Dengan Custom Domain Alternatif GSuite & Zoho

Waktu pindahan domain kemarin, tentunya saya perlu mengkonfigurasi ulang email menggunakan domain baru tersebut. Seperti domain sebelumnya, saya menggunakan layanan zoho mail karena menyediakan email dengan custom domain / menggunakan domain kita sendiri, seperti layanan G Suite tapi versi gratis.

Setelah saya coba daftarkan, setup ini itu sampai selesai, lalu saya coba mengintegrasikan ke GMail supaya dapat menerima dan berkirim email melalui webmailnya GMail ternyata untuk user baru layanan POP3, IMAP dan SMTP tidak dapat di enable. Dengan begini, mau tidak mau untuk membuka email harus melalui mail client mereka. Untuk domain / user lama pengaturan tersebut masih dapat digunakan.

Kemudian saya mencari alternatif layanan posel (email) yang menyediakan custom domain dan juga dapat menggunakan POP3 & SMTP supaya dapat diakses melalui mail client lain. Kemudian ketemulah dengna Yandex Mail. Berikut ini sedikit gambaran layanan apa yang ditawarkan oleh Yandex Mail.

Custom Domain

Jelas, ini lah fitur utama yang saya cari. Untuk setup nya cukup mudah, yang penting kita punya akses ke pengaturan DNS server. Seingat saya, cukup melakukan verifikasi kepemilikan domain (dengan menambahkan CNAME record) lalu setting MX record untuk melakukan pointing domain kita ke server email yandex.

Support POP3, IMAP & SMTP

Dengan begini, kita bisa menggunakan layanan email Yandex menggunakan email client lain, misal Geary, Thunderbird, Outlook, dan Gmail.

Spam protection

Sejauh yang saya rasakan, spam protection di Yandex cukup agresif ketatnya. Beberapa email yang bukan tergolong spam terkadang masih masuk folde spam, tapi masih dalam kategori wajar, sampai sekarang masih nyaman menggunakan layanan Yandex Mail.

Dari Rusia

Yandex sendiri merupakan perusahaan dari rusia, jadi terkadang ketika membuka dokumentasi ataupun halaman pengaturan masih menggunakan bahasa rusia.

1000 User & Unlimited Storage

User yang dapat didaftarkan dalam domain kita bisa mencapai 1000 user dan juga menawarkan unlimited storage. Mungkin saat ini masih dalam tahap promosi, dan kemudian hari fitur ini bisa dikurangi atau ditiadakan, seperti zoho yang mulai mengurangi fitur - fiturnya di paket gratisan.

Webmail Clientnya Cakep

Seperti point sebelumnya, saya mencari mail server yang support pop3 & smtp supaya bisa pakai webmail clientnya gmail. Karena dulu di zoho, saya tidak suka interface webmailnya. Namun setelah menggunakan Yandex Mail, saya cukup terkesan dengan tampilanya yang cakep, jadi walaupun saya sambungkan ke Gmail, saya lebih sering menggunakan webmailnya Yandex mail itu sendiri 😂.

Buat kamu yang ingin menggunakan domainmu sebagai alamat email, bisa mendaftarkan domainya di alamat https://connect.yandex.com/pdd/. Sampai tulisan ini terbit, layanan ini masih gratis, entah untuk kemudian hari.