Paket data WhatsApp By.U

Sudah ada 1 tahun sejak ibu mertua saya saya berikan paket data untuk WhatsApp saja. Dulu butuh WhatsApp saja karena adanya group kader gizi dan mamak sering ketinggalan informasi karena tidak punya WhatsApp. Dan semenjak saat itu saya berikan saja HP Android dan nomor By.U dan kita belikan paket/topping WhatsApp tiap bulan seharga Rp. 8,500. Cukup murah sekali untuk paket data yang digunakan untuk komunikasi saja.

Di desa kita juga terbatas ketersediaan providernya, hanya ada Telkomsel yang memiliki sinyal bagus untuk digunakan internet. Karena By.U menggunakan jaringan Telkomsel, jadi ini bukan masalah.

Kemarin waktu mudik untuk kebutuhan Vaksin dosis ke-2, mamak sekalian lapor kalau WhatsAppnya jarang muncul notif waktu ada pesan atau ada call. Setelah saya coba memang demikian jika dalam keadaan hp terkunci atau sedang tidak membuka aplikasi whatsapp.

Saat itu juga kepikiran, memang aplikasi Android kalau berada di background push notificationya menggunakan Firebase Cloud Messaging (FCM) jadi butuh akses internet ke jaringan google. Sedangkan paket data By.U hanya terbuka untuk jaringan WhatsApp. Lalu saya coba belikan paket topping By.U untuk Youtube, karena kemungkinan akan membuka akses jaringan ke server google.

Dan benar saja, paketan youtube juga membuka akses jaringan ke FCM, jadi push notifnya berjalan dengan baik. Saya test dengan melakukan panggilan saat kondisi HP sleep / locked, dan berhasil. Dengan begini perlu menambah topping YouTube (Rp. 12,500) tiap bulan supaya notifikasinya bisa masuk walau hp dalam kondisi sleep.

Jadi dengan kombinasi paket data ini, bisa digunakan untuk HP yang khusus untuk WhatsApp saja dengan total biaya bulanan Rp. 21,000.

Waupun mungkin ada provider yang lebih murah untuk kebutuhan ini, tapi mengingat hanya ada provider telkomsel, ini solusi paling murah untuk saat ini.